Nasib Nahas 3 Artis Korea, Karier Hancur karena Skandal

Siska Maria Eviline, Jurnalis · Senin 13 Juli 2020 21:30 WIB
https: img.okezone.com content 2020 07 13 33 2245799 nasib-nahas-3-artis-korea-karier-hancur-karena-skandal-LZAVp9aka9.jpg Shin Jimin. (Foto: Cosmopolitan)

SEOUL - Skandal terkadang menjadi momok mematikan bagi karier seorang selebriti di Korea Selatan. Tak jarang, skandal membuat mereka ‘terpaksa’ mengambil langkah vakum, bahkan yang paling ekstrem pensiun. 

Seperti lima idol K-Pop dan aktor Korea berikut ini, yang harus mundur dari dunia hiburan karena skandal mereka. Berikut ulasannya seperti dikutip dari berbagai sumber. 

SEUNGRI

Seungri. (Foto: Newsen)

Keterpurukan Lee Seung Hyun bermula dari terkuaknya insiden pengeroyokan di klub malam Burning Sun milik sang idol, pada 2019. Dari situ, keberadaan chat grup yang berisi dirinya dan beberapa artis lain pun terbongkar. 

Tak lama, Seungri memutuskan mundur dari BIGBANG dan pensiun dari dunia hiburan. Dari kasus itu, dia kemudian diseret ke pengadilan atas delapan kasus sekaligus. Dari penyediaan jasa prostitusi, membagikan video kamera tersembunyi, hingga judi. 

Pada 15 Mei 2020, Pengadilan Seoul melimpahkan delapan kasus Seungri itu ke Pengadilan Militer Umum Komando Korps Kelima. Sejauh ini, belum ada jadwal pasti kapan sidang akan digelar mengingat dia masih menjalani wajib militer (wamil).

JANG MI IN AE

Pada 30 Maret 2020, aktris Jang Mi In Ae menuai kritik publik setelah dia mengkritik langkah Pemerintah Korsel memberikan dana tunjangan sebesar KRW1 juta untuk keluarga berpenghasilan rendah yang terkena dampak virus Corona. 

“Menyebalkan! Sudah tahu negara tidak punya uang, masih memberi tunjangan. Jangan-jangan kau (Presiden Moon Jae In) menjual tanah negara ya? Apa artinya KRW1 juta itu untuk masyarakat?” ujarnya lewat Instagram. 

Jang Mi In Ae. (Foto: Instagram)

Sehari setelah perseteruan daringnya dengan warganet, Jang Mi In Ae mengumumkan pengunduran dirinya dari dunia hiburan. Bersama unggahan pengunduran diri itu, dia sempat mengungkapkan rasa frustasinya. 

“Setelah memberikan bantuan itu, pasti setelah ini pajak kita naik. Itu alasanku mengkritik kebijakan tersebut. Aku tak mengerti mengapa kebijakan itu diambil sebelum pemilihan umum,” ungkapnya pada 31 Maret 2020.

Baca juga: Dampak Skandal Bullying, Jimin Eks AOA Kehilangan Banyak Subscribers YouTube 

SHIN JIMIN

Pada 4 Juli 2020, FNC Entertainment mengumumkan pengunduran diri Shin Jimin dari AOA dan pensiun dari dunia hiburan. Hal itu diumumkan agensi itu setelah rapper 29 tahun itu melakukan aksi bullying selama 10 tahun terhadap Kwon Mina, rekannya di AOA. 

Shin Jimin. (Foto: Instagram/@jiminbaby_18)

“Pertama, kami ingin meminta maaf atas kontroversi yang melibatkan artis kami, Jimin. Karena itu, dia memutuskan untuk berhenti dari AOA sekaligus pensiun dari dunia hiburan,” ujar FNC Entertainment. 

“Kami sebagai agensi bertanggung jawab pada kondisi yang terjadi saat ini. FNC akan bekerja keras untuk menyediakan manajemen yang lebih baik untuk artis kami. Sekali lagi, kami meminta maaf karena telah membuat penggemar khawatir.”

Baca juga: Cucu Elvis Presley Tewas Bunuh Diri

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini