Umi Pipik Bahagia Hagia Sophia Kembali Jadi Masjid

Pernita Hestin Untari, Jurnalis · Senin 13 Juli 2020 15:36 WIB
https: img.okezone.com content 2020 07 13 33 2245631 umi-pipik-bahagia-hagia-sophia-kembali-jadi-masjid-uT1KfASri2.jpg Umi Pipik saat berada di Hagia Sophia (Foto: Instagram Umi Pipik)

JAKARTA - Pemerintah Turki kembali menjadikan Hagia Sophia menjadi masjid. Hal ini membuat umat Islam berbahagia, termasuk Umi Pipik Dian Irawati.

Di akun Instagram miliknya, Umi Pipik mengucap syukur atas keputusan pemerintah Turki menjadikan Hagia Sophia menjadi masjid.

"Bismillah. Alhamdulillah senang dengarnya dengan berita bahwa Presiden Erdogan kemarin menyatakan bahwa Hagia Sophia difungsikan kembali menjadi masjid," jelas Umi Pipik di akun Instagram miliknya.

Baca Juga:

Muslim Turki Sambut Gembira Hagia Sophia Kembali Jadi Masjid

Hagia Sophia Dikembalikan Jadi Masjid Usai Keputusan Pengadilan

Umi Pipik


Saat wisata ke Hagia Sophia, Umi Pipik sempat membayangkan jika tempat bersejarah itu kembali dijadikan masjid. Menurutnya, alangkah indahnya jika suara lantunan azan berkumandang dari dalam gedung tersebut.

"Sewaktu saya di sana duduk di halaman sambil memandangi dan ngobrol dgn teman-teman di sana 'coba difungsikan jadi masjid lagi ya jadi semakin merdu dan indah dengerin suara adzan di tengah-tengah halaman ada dua masjid yaitu Hagia Sophia dan Blue Mosque," jelas Umi Pipik.

Umi Pipik pun berharap bisa kembali ke Turki dan mengunjungi Hagia Sophia yang telah menjadi masjid.

"Semoga pandemi segera berakhir next bisa ke sana lagi sama anak2-anak dengan travel Ummi aamiinโค๏ธ๐Ÿ˜๐Ÿ™ siapa yang mau ikut??? Gimana kalian yang udah pernah ke sana senang gak Hagia Sophia menjadi masjid lagi?," jelas Umi Pipik.

Museum Hagia Sophia yang terkenal di Istanbul, Turki, yang awalnya didirikan sebagai katedral, kini diubah kembali menjadi masjid. Perubahan fungsi bangunan ikonik itu diumumkan Presiden Recep Tayyip Erdogan setelah pengadilan membatalkan status museum Hagia Sophia.

Dibangun 1.500 tahun yang lalu sebagai katedral Kristen Ortodoks, Hagia Sophia dikonversi menjadi masjid setelah penaklukan Ottoman pada 1453. Pada 1934 Hagia Sophia diubah menjadi museum dan sekarang menjadi situs Warisan Dunia Unesco.

(aln)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini