SkinnyIndonesian24 Pamit, Jovial: YouTube Dulu Keren, Sekarang hanya Bisnis

Pernita Hestin Untari, Jurnalis · Senin 29 Juni 2020 10:31 WIB
https: img.okezone.com content 2020 06 29 33 2237991 skinnyindonesian24-pamit-jovial-youtube-dulu-keren-sekarang-hanya-bisnis-RlREANp0sg.jpg SkinnyIndonesian24 (Foto: Youtube)

JAKARTA - Pemilik channel SkinnyIndonesian24 Andovi dan Jovial da Lopez mengumumkan akan pamit dari YouTube pada 24 Juni 2021, tepat di usia 10 tahun. Mengaku sebagai keputusan yang sulit, Andovi mengatakan bahwa alasannya dengan sang kakak pamit dari YouTube berbeda.

Andovi mengaku sudah tidak memiliki api semangat untuk berkarya di YouTube. Dia akan melanjutkan jalan hidup dan karir yang berbeda.

Sementara itu Jovial mengatakan sistem yang ia lihat sekarang di YouTube berbeda. Itu menjadi salah satu alasannya pamit dari YouTube.

"Kalau Kajo (Jovial) mungkin ini egois, cuma rasanya penghargaan untuk energi yang kita keluarkan itu gak ada. Kalau kita lihat sistem YouTube sekarang, sistem yang disukai oleh brand dan orang-orang banyak duit adalah views, subscribers, like, comment. Ini diberikan ke channel dan konten yang isinya bukan konten terbaik," kata Jovial dalam video yang diunggah di channel SkinnyIndonesian24 pada 24 Juni 2020.

Baca Juga: 10 Tahun Eksis di Channel Youtube, SkinnyIndonesian24 Bakal Pamit

 

Ia menambahkan akibat sistem tersebut banyak konten yang lebih layak malah mati dan tidak terlihat.

"Kalau kita lihat trending itu yang dibahas doang, kalau YouTube jaman dulu memberikan suara yang tidak bersuara. Kita gak ada TV yang dukung dan film yang dukung, suara kita ya didengar karena upload di youtube, karena spotlight banyak ke orang-orang beda. YouTube dulu keren, sekarang hanya bisnis," tegasnya.

Andovi menambahkan perbedaan antara YouTube jaman dahulu dan sekarang, menurutnya sekarang banyak orang di YouTube sekarang yang ada di arus (yang banyak dibahas).

"Ini menguntungkan orang yang punya duit. Jujur gua dari dulu sangat gak pernah nonton trending, gue gamau sistem itu. Sistem yang memuji orang-orang gak bener," katanya.

Ia juga turut mengomentari sistem giveaway, yang menurutnya salah, dimana seseorang mencintai karya seharusnya bukan karena hadiah namun memang karena karyanya.

"Sistemnya adalah kita giveaway, kalian jadi subscriber. Ini sistem yang salah . Aturan main yang bener itu tanpa ngasih apapun mereka pilih karya," ungkap dia.

SkinnyIndonesian24 akan pamit dari YouTube di usia 10 tahun. Tepatnya channel milik dua kakak-beradik, Andovi dan Jovial da Lopez tersebut akan tutup pada 24 Juni 2021.

Channel SkinnyIndonesian24 merupakan salah satu channel yang populer di Indonesia dengan 2,28 juta pengikut.

Salah satu video milik duo kakak beradik tersebut, 'Prabowo VS Jokowi-Epic Rap Battles Of Presidency' merupakan salah satu video yang populer di 2019 yang telah ditonton hingga 44 juta orang.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini