Kang Ji Hwan Banding Kasus Kekerasan Seksual, Hakim Ogah Ubah Vonis

Pernita Hestin Untari, Jurnalis · Jum'at 12 Juni 2020 23:20 WIB
https: img.okezone.com content 2020 06 12 33 2229087 kang-ji-hwan-banding-kasus-kekerasan-seksual-hakim-ogah-ubah-vonis-qviMN8B6K1.jpg Kang Ji Hwan. (Foto: Pinterest)

SEOUL - Pada 11 Juni 2020, Pengadilan Tinggi Suwon menjatuhkan vonis 2 tahun dan 6 bulan penjara dengan penangguhan 3 tahun masa percobaan untuk aktor Kang Ji Hwan. Hukuman itu diputus untuk kasus kuasi-perkosaan dan tindakan tak senonoh yang dilakukan sang aktor. 

Vonis tersebut, sebenarnya hukuman yang sama dengan persidangan sebelumnya. Dengan hukuman itu, Kang Ji Hwan hanya akan mendekam di dalam penjara apabila dia melakukan pelanggaran hukum lain selama masa percobaan yang dijalaninya. 

Kang Ji Hwan. (Foto: Xsport News)

Pengadilan mengungkapkan, Kang Ji Hwan menyangkal beberapa tuduhan yang dilayangkan padanya. Namun mempertimbangkan bukti yang ada, hakim memutuskan bahwa hukuman tersebut ‘wajar’ untuk dijalani sang aktor. 

“Dengan mempertimbangkan berbagai hal, seperti fakta kasus, motif kejahatan, dan dampak pada korban, maka hukuman itu tidaklah berat dan tak pula terlalu ringan,” ungkap Pengadilan Tinggi Suwon dalam keterangannya seperti dikutip dari Soompi, pada Jumat (12/6/2020).

Baca juga: Aktor Kang Ji Hwan Ditangkap Polisi Atas Dugaan Pelecehan Seksual 

Kang Ji Hwan ditangkap polisi di kediaman pribadinya di Gwangju, pada 9 Juli 2019. Penangkapan itu dilakukan setelah polisi menerima laporan bahwa dia memasuki ruangan di mana dua staf wanita dari mantan agensinya sedang tertidur. 

Aktor Lie to Me tersebut kemudian melakukan pelecehan seksual terhadap salah satu dari staf tersebut. Sementara staf lainnya mendapatkan kekerasan seksual. Meski awalnya mengklaim tak ingat dengan kejadian itu, namun Kang Ji Hwan akhirnya mengakui semua tuduhan padanya. 

Namun ketika persidangan sudah berjalan, Kang Ji Hwan malah mempermasalahkan beberapa bukti yang disodorkan jaksa dalam pengadilan. Dalam sidang vonis pada Desember 2019, korban menyatakan mereka tak ingin sang aktor di penjara.

 Kang Ji Hwan.

Namun karena kasus itu merupakan kejahatan seksual maka akan sulit mengukur tingkat pemulihan psikologis para korban. “Karena itu, kami menilai tak baik jika kasus ini berakhir begitu saja. Kesepakatan damai yang dilakukan korban dan tersangka tidak akan memengaruhi vonis,” ungkap pengadilan kala itu. 

Terkait putusan tersebut, Kang Ji Hwan kemudian mengajukan banding. Dalam sidang banding pada 14 Mei silam, sang aktor mengungkapkan penyesalannya di persidangan.

Baca juga: Klarifikasi Krisdayanti soal Anak Bikin Podcast Deddy Corbuzier Banjir Dislike 

“Aku meminta maaf dengan tulus kepada orang-orang yang telah tersakiti dengan tindakanku. Aku bekerja keras tanpa istirahat di masa lalu untuk menunjukkan imej baik kepada publik. Tapi kini, aku malu dengan tindakanku,” kata Kang Ji Hwan.*

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini