Daniel Radcliffe Komentari Tweet JK Rowling yang Anti-Transgender

Pernita Hestin Untari, Jurnalis · Rabu 10 Juni 2020 12:19 WIB
https: img.okezone.com content 2020 06 10 33 2227481 daniel-radcliffe-komentari-tweet-jk-rowling-yang-anti-transgender-XjdcmbHiyM.jpg Daniel Radcliffe (Foto: Twitter Daniel Radcliffte HQ)

LOS ANGELES - Pemain Harry Potter, Daniel Radcliffe turut mengomentari tweet anti-transgender JK Rowling. Ia menekankan wanita transgender adalah wanita. Hal tersebut diungkapkan Radcliffe dalam sebuah postingan blog untuk The Trevor Project, sebuah organisasi yang menyediakan intervensi krisis dan layanan pencegahan bunuh diri untuk kaum muda LGBT.

Radcliffe mengungkapkan meskipun Rowling sebagai penulis Harry Potter memiliki peran penting dalam hidupnya selama ini. Namun, sebagai manusia ia perlu menyampaikan dukungannya terhadap wanita transgender dan mengkritik diskriminasi Rowling terhadap wanita transgender.

Baca Juga:

Jadi Korban Berita Hoax Virus Corona, Daniel Radcliffe: Aku Tersanjung

Agensi Pastikan Kabar Daniel Radcliffe Positif Virus Korona Hoax

Daniel Radcliffe (Foto: Elle)

 

“Wanita transgender adalah wanita. Setiap pernyataan yang bertentangan menghapus identitas dan martabat orang transgender dan bertentangan dengan semua saran yang diberikan oleh asosiasi perawatan kesehatan profesional yang memiliki keahlian yang jauh lebih banyak mengenai masalah ini daripada Jo (JK Rowling) dan saya," kata Radcliffe.

Radcliffe juga meminta maaf kepada penggemar Harry Potter yang kecewa dengan sikap Rowling. Radcliffe berharap komentar Rowling tidak menodai kecintaan penggemar pada kisah Harry Potter.

“Jika buku-buku ini mengajarkan Anda bahwa cinta adalah kekuatan terkuat di alam semesta, yang mampu mengatasi apa pun. Jika mereka mengajari Anda bahwa kekuatan ditemukan dalam keragaman, dan bahwa gagasan dogmatis tentang kesucian mengarah pada penindasan kelompok rentan. Jika Anda percaya bahwa karakter tertentu adalah trans, nonbinary, atau fluid gender, atau bahwa mereka gay atau biseksual. Jika Anda menemukan sesuatu dalam kisah-kisah ini yang selaras dengan Anda dan membantu Anda kapan saja dalam hidup Anda. Maka itu adalah antara Anda dan buku yang Anda baca, dan itu sakral," kata Radcliffe.

“Dan menurutku tidak ada yang bisa menyentuhnya. Ini berarti bagi Anda apa artinya bagi Anda dan saya harap komentar ini tidak akan terlalu menodai itu," imbuh dia.

Sebelumnya Rowling menuai kritik tajam karena tweetnya yang berbau transphobia atau anti-transgender. Pada Sabtu, 6 Juni 2020 ia mengunggah tautan artikel dengan judul "Opini: Menciptakan Dunia yang Lebih Setara Pasca-COVID-19 untuk Kaum yang Mengalami Menstruasi."

Kemudian Rowling mengomentari bahwa seharusnya ada kejelasan gender di situ bukan disebutkan orang yang mengalami menstruasi.

Baca Juga:

Mahkamah Kehormatan Dewan Imbau KD Tak Obral Masalah Keluarga di Medsos

Aktor Ini Bongkar Sifat Asli Keanu Reeves di Lokasi Syuting John Wick

JK Rowling


"Kaum yang mengalami menstruasi.' Aku yakin ada kata untuk menggambarkan ini. Tolong bantu aku. Wumben? Wimpund? Woomud? (memelesetkan woman dalam bahasa Inggris)," kata Rowling.

Rowling dikecam anti-transgender lantaran menyisihkan wanita yang secara fisik tidak mengisyaratkan wanita namun tapi mengalami menstruasi atau transmale.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini