Lebih Asyik dan Menantang, Pinot Pilih Buat Animasi dengan Teknologi Jadul

Pradita Ananda, Jurnalis · Rabu 10 Juni 2020 11:03 WIB
https: img.okezone.com content 2020 06 10 205 2227411 lebih-asyik-dan-menantang-pinot-pilih-buat-animasi-dengan-teknologi-jadul-zcYFPEy5NG.jpeg Pinot.

JAKARTA – Kemajuan teknologi di era digital tentu sangat membantu proses para animator dalam mengerjakan karya animasi.

Namun, tak semua animator memilih untuk selalu menggunakan alat teknologi tercanggih. Salah satunya Pinot, animator Indonesia yang sudah sukses go internasional.

Alih-alih memanfaatkan teknologi canggih, animator yang sudah berkolaborasi dengan Disney ini justru memilih menggunakan alat teknologi jadul dalam membuat karya animasi.

Salah satu contohnya saat menggarap musik video lirik ‘Level of Concern’ milik band terkenal Twenty One Pilots. Pinot diketahui menggarap video lirik tersebut menggunakan komputer Macintosh keluaran lama, era 80-an yang ia dapat dari hasil blusukan ke pasar loak di Amerika.

Pinot.

Dalam tayangan Instagram Live Stories bersama Okezone, Selasa 9 Juni 2020 kemarin, pria bernama lengkap Pinot W. Ichwandardi ini membocorkan alasan mengapa ia memilih memakai gadget jadul dalam membuat karya animasi.

“Bagi kami, berkarya itu akan lebih terasa pengalamannya, kalau kita kasih lihat prosesnya. Pakai alat teknologi baru, yang instan enggak menantang,” ujar Pinot.

Baca juga: Awal Mula Pinot, Animator Indonesia Berkarier Internasional

Selain alasan agar proses kreatifnya terasa lebih menantang, Pinot menambahkan, dia pribadi memang lebih menyukai teknologi jadul yang kemampuan alatnya masih begitu terbatas.

“Kebetulan saya memang suka gadget lama, saya coba olah untuk bikin sesuatu yang sesuai dengan kemampuan alatnya. Tantangannya kan gimana kita mengatur ekspektasi dengan keterbatasan itu,” pungkasnya.

(qlh)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini