Haji 2020 Dibatalkan, Ustadz Solmed: Pemerintah Punya Perhitungan

Adiyoga Priambodo, Jurnalis · Selasa 02 Juni 2020 23:06 WIB
https: img.okezone.com content 2020 06 02 33 2223571 haji-2020-dibatalkan-ustadz-solmed-pemerintah-punya-perhitungan-5U6nae5Al0.jpg Ustadz Solmed (Foto: Okezone)

JAKARTA - Kementerian Agama (Kemenag) RI resmi mengumumkan batalnya penyelenggaraan ibadah haji 1441H/2020M. Keputusan pemerintah pun didukung oleh Ustadz Solmed.

Ditemui di kawasan Tendean, Jakarta, Solmed menilai langkah pemerintah sudah tepat. Pergi haji di masa pandemi virus corona akan menimbulkan banyak masalah.

“Pemerintah sudah hitung-hitungan (perhitungan) saya rasa ya. Persiapan yang sekarang saja ya, kalaupun jadi pasti berat. Apalagi masih tertunda nih. Jadi rasanya tidak memungkinkan untuk diberangkatkan,” ujarnya, Selasa (2/6/2020).

Baca Juga:

Alasan Kesehatan, Ustadz Solmed Setuju Penundaan Haji

Ketika April Jasmine Minta Ustadz Solmed Menikah Lagi

Ustadz Solmed


Meski begitu, Ustadz Solmed tetap menyatakan keprihatinan pada jamaah haji yang ditunda keberangkatannya.

“Tentu kita ikut prihatin, ikut berduka,” kata suami April Jasmine.

Sebagai bentuk keprihatinan, Ustadz Solmed pun memberikan motivasi pada jamaah haji yang tahun ini belum bisa menginjakkan kaki di Tanah Suci. Dia meyakinkan para jamaah bahwa mereka pasti akan berangkat di waktu yang tepat.

“Tapi jangan putus asa. Haji itu niat ibadah yang sangat istimewa. Tidak mungkin Allah memberikan halangan, tapi hanya menunda di waktu yang lebih tepat,” tuturnya.

“Kalau dipaksakan saat ini, kalau terjadi apa-apa kan juga naudzubillahimindzalik ya. Pasti sedihnya jauh lebih hebat daripada kesedihan karena belum jadi diberangkatkan,” pungkas Ustadz Solmed.

Seperti diketahui Kementerian Agama (Kemenag) RI resmi mengumumkan penundaan penyelenggaraan ibadah haji 1441H/2020M. Pengumuman itu disampaikan langsung oleh Menteri Agama (Menag) RI, Fachrul Razi. Menag mengatakan, keputusan itu diambil setelah memeprtimbangkan aspek keamanan jamaah haji Indonesia selama musim haji di saat pandemi Covid-19.

"Pemerintah memutuskan tidak memberangkatkan jamaah haji pada 1441 Hijriah atau tahun 2020 ini. Keputusan ini saya sampaikan berdasarkan Keputusan Menag Nomor 494 Tahun 2020 mengenai pembatalan keberangkatan jamaah haji pada penyelenggaraan haji 1441 H/2020 M," ujar Menag dalam konferensi pers via zoom di Kantor Kemenag, Jakarta, Selasa (2/6/2020).

Baca Juga:

Total, Hanung Bramantyo Gunakan Properti Serius saat Syuting Film Pendek Bersama Anak

Pemerintah Tunda Keberangkatan Jamaah Haji, Ustadz Solmed: Jangan Putus Asa


Kementerian Agama Tidak Berangkatkan Jamaah Haji Tahun ini

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini