Sudah Hijrah, Roro Fitria Tetap Jalankan Ritual Jawa

Adiyoga Priambodo, Jurnalis · Selasa 19 Mei 2020 22:14 WIB
https: img.okezone.com content 2020 05 19 33 2216709 sudah-hijrah-roro-fitria-tetap-jalankan-ritual-jawa-0n0zexDh2d.jpg Roro Fitria. (Foto: Instagram/@roro.fitria1989)

JAKARTA - Roro Fitria dikenal sebagai salah satu artis yang akrab dengan ritual-ritual Jawa. Kebiasaan itu bahkan masih dilakukan sang aktris setelah memutuskan berhijrah dan mengenakan hijab. 

"Untuk ritual adat istiadat saya masih pilah-pilih (untuk dijalankan) ya,” ungkapnya saat ditemui di kawasan Tendean, Jakarta Selatan. 

Roro Fitria. (Foto: Instagram/@roro.fitria1989)

Bedanya, Roro Fitria kini hanya menjalankan ritual yang masih memiliki nilai kebudayaan. Aktris 30 tahun tersebut tak lagi melakukan kegiatan berbau klenik seperti mengonsumsi bunga. 

“Yang masih saya jalankan sesuatu berkaitan dengan budaya dan segala sesuatu tanpa ada syariatnya,” kata dia menambahkan.

Sulit bagi Roro Fitria mengesampingkan ritual khas budaya Jawa yang dilakoninya selama ini. Apalagi sedari kecil, dia tumbuh di lingkungan tersebut.

Baca juga: Bebas dari Tahanan, Roro Fitria Klaim Tak Susah soal Uang

 

“Sebuah bangsa bisa menjadi besar kan karena budayanya. Jadi, saya sangat menjunjung tinggi budaya Indonesia, khususnya kebudayaan Jawa," ungkap aktris kelahiran Yogyakarta tersebut. 

Namun sebagai umat beragama yang baru memutuskan berhijrah, kebiasaan itu tetap Roro imbangi dengan keimanannya pada Tuhan. “Saya tetap memegang akidah dan tauhid Allah SWT.”*

Baca juga: Langgar Social Distancing, Cha Eun Woo Minta Maaf

(SIS)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini