nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Heboh Kasus Eksploitasi Seksual 'Nth Room', Hyeri Girl's Day hingga Moon Ga Young Geram

Rena Pangesti, Jurnalis · Senin 23 Maret 2020 04:02 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2020 03 22 33 2187382 heboh-kasus-eksploitasi-seksual-nth-room-hyeri-girl-s-day-hingga-moon-ga-young-geram-g4Jz5oVG3X.jpg Hyeri Girl's Day (Foto: Marie Claire)

SEOUL - Masyarakat Korea dikejutkan dengan kasus eksploitasi seksual yang terungkap belakangan ini. Dalam kasus yang dinamai Nth Room tersebut banyak wanita, termasuk beberapa di bawah umur, menjadi korban eksploitasi dan pelecehan seksual secara online.

Ilustrasi pelecehan seksual

Nth Room adalah nama chatroom di aplikasi Telegram dimana sang admin menjual dan menyebarkan video dan foto tak senonoh wanita-wanita yang menjadi korbannya. Lebih dari 80 ribu orang bergabung di chatroom tersebut setelah membayar sejumlah uang.

Cho, tersangka utama kasus ini, meneror korban-korbannya dan menuntut mereka untuk mengirimkan foto telanjang dan video seksual. Cho lantas membagikan foto dan video tersebut ke chatroom Nth Room, yang terbagi dalam beberapa kelas sesuai kategori 'tiket'.

Baca Juga:

Makna Girl's Day Untuk Hyeri, Rumah Tempat Kembali

Beri Semangat untuk Andrea Dian, Ganindra Bimo: Kamu Kuat

Mengutip Soompi, Senin (23/3/2020), departemen cyber kepolisian Metropolitan Seoul menangkap Cho. Bersama dengannya, dibekuk pula 13 orang rekan Cho, yang mana empat diantaranya telah dipenjara.

Kasus Nth Room ini mencuri perhatian masyarakat Korea, termasuk para selebriti. Tak sedikit public figure yang geram dan membuat petisi, menuntut pemerintah serta pihak berwajib memperlihatkan wajah pelaku hingga mengungkap identitasnya.

Hyeri Girl's Day

"Aku lebih dari sekadar marah. Aku takut. Aku benar-benar berharap mereka dihukum seberat-beratnya," tulis Hyeri Girl's Day di Instagramnya.

Rekan segrupnya, Sojin menulis, "Bagaimana dunia bisa seperti ini?"

Personel VIXX, Ravi mengunggah tangkapan layar petisi untuk menghukum pelaku Nth Room dengan berat. "Aku tidak ingin orang-orang yang kucintai tinggal di dunia yang menakutkan seperti ini," ungkap Ravi.

Petisi Nth Room

Sementara Hwang So Yoon menulis, "Perhatikan kasus Nth Room, dimana 260 ribu orang menjadikan wanita muda sebagai budak seks menggunakan Telegram. Setelah Cho, dalang utama, ditangkap oleh kepolisian, Korea buru-buru menutupi wajahnya, alih-alih mengungkap data pribadi dan wajahnya di depan pers. Pastikan kalian mengecek ini dan melihat betapa menjijikkannya masyarakat kita."

Moon Ga Young

Masih banyak nama-nama selebriti lain yang ikut menandatangani petisi agar Cho dihukum berat untuk kasus Nth Room. Beberapa diantaranya adalah Moon Ga Young, Baek Yerin, Lady Jane, Kwon Jung Ryul, Simon Dominic, Rhythm Power, Geegooin, Huckleberry P, Palo Alto, Yoo Seung Woo, Soran’s Go Young Bae, 2AM’s Jo Kwon, Don Spike, Yeonwoo.

1
2
BERITA FOTO
+ 7

Intip Potret Cantiknya Chungha Penyanyi Korea Selatan

Chungha memegang boneka pada sesi pemotretan.

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini