Cegah Virus Corona, Aming Bagikan Tips Membuat Hand Sanitizer

Rena Pangesti, Jurnalis · Selasa 17 Maret 2020 17:27 WIB
https: img.okezone.com content 2020 03 17 33 2184804 cegah-virus-corona-aming-bagikan-tips-membuat-hand-sanitizer-SYMcB4HL5e.jpg Aming (Foto: Instagram)

JAKARTA Aming membagikan tips membuat hand sanitizer melalui Instagram. Seperti diketahui, cairan pembunuh kuman dan virus itu menjadi barang langka dan mahal setelah COVID 19 mewabah di Indonesia.

Aming menegaskan, sebagai manusia yang diberikan akal, manusia harus berpikir kreatif. Alih-alih mengeluh soal keadaan, ia mengajak masyarakat berinovasi. “Daripada komplain, mending waktunya lakukan dari diri sendiri,” tulis Aming di Instagram, 16 Maret kemarin.

Aming mengunggah cara pembuatan hand sanitizer berbahan dasar alami, daun sirih. Tumbuhan itu memang memiliki khasiat sebagai antiseptic.

 

Baca Juga: Aming Peringatkan Lockdown Bukan Ajang untuk Liburan

Caranya, sediakan 50 gram atau 13 lembar daun dan dipotong kasar lalu letakan di mangkuk stainless. Masukan 100 ml air panas ke mangkuk tersebut dan rebus di air mendidih. Setelah keluar ekstrak sirih, dinginkan lalu saring.

Aming menambahkan, selain daun sirih, lidah buaya juga bisa digunakan sebagai cairan antiseptik.

“Terlepas dari apapun, yang namanya dari alam pasti alami. Kecil resikonya,” tutur mantan suami Evelyn Nada Anjani ini.

Namun apabila ada alergi saat seseorang menggunakan, Aming berharap mereka bisa bijak menyikapinya dan menghentikan pemakaian. Sebab setiap orang pasti memiliki kadar alergi yang berbeda.

 

“Selamat mencoba dan bismillah,” pungkasnya.

(edh)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini