nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Sempat Dianggap Langgar UU ITE, Kominfo Apresiasi Langkah Tara Basro Hapus Foto Tanpa Busana

Rena Pangesti, Jurnalis · Rabu 04 Maret 2020 20:19 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2020 03 04 33 2178262 sempat-dianggap-langgar-uu-ite-kominfo-apresiasi-langkah-tara-basro-hapus-foto-tanpa-busana-PdCEUbDWTc.jpg Tara Basro (Foto: Instagram/@tarabasro)

JAKARTA – Kementerian Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia (Kominfo) mengapresiasi langkah Tara Basro menghapus foto tanpa busana yang diunggah di Twitter, Selasa, 3 Maret 2020.

Sebelumnya, Kominfo menyebut Tara melanggar UU ITE mengenai penyebaran konten yang memuat asusila. Namun setelah aktris Perempuan Tanah Jahanam itu menghapus unggahannya, Kominfo pun tidak perlu lagi menindaklanjuti persoalan ini.

Tara Basro

“Kami mengapresiasi inisiatif yang bersangkutan karena sudah men-take down postingan di media sosial,” ucap Ferdinandus Setu, PLT Kepala Biro Humas Kominfo saat dihubungi Okezone, Rabu (4/3/2020).

Baca Juga:

- Tara Basro Unggah Foto Tanpa Busana

- Disuruh Pilih Dul Jaelani atau Azriel Hermansyah, Begini Reaksi Tiara Idol

Sebelumnya, Tara Basro mengunggah foto yang memperlihatkan lekuk tubuhnya tanpa busana dan hanya menutupi bagian tertentu dengan tangan serta kaki. Hal itulah yang dikatakan Ferdinandus melanggar UU ITE pasal 27 ayat 1 karena menampilkan ketelanjangan.

“Foto itu masuk dalam salah satu kategori pelanggaran ITE. Di mana beberapa lainnya ada jenis pelanggaran asusila dengan menunjukkan alat kelamin, mempertontonkan hubungan suami istri,” papar Fernandus.

Tara Basro

Sebagai informasi, pasal 27 ayat 1 berbunyi, "Setiap orang dengan sengaja dan tanpa hak mendistribusikan dan/atau mentransmisikan dan/atau membuat dapat diaksesnya Informasi Elektronik dan/atau Dokumen Elektronik yang memiliki muatan yang melanggar kesusilaan."

Pada dasarnya, Kominfo menghargai usaha Tara Basro mengampanyekan anti body shaming. Termasuk saat aktris 29 tahun itu menggunakan busana two pieces dalam unggahan lain untuk menunjukkan kebanggaan terhadap tubuhnya.

“Foto yang baru (foto menggunakan two pieces di Instagram), kami nilai masih aman, dan tidak menyalahi konten,” ucapnya.

“Seseorang menyampaikan pesan itu mau tidak mau harus menunjukkan badannya, kalau pakai busana yang utuh mungkin enggak kelihatan. Jadi pesannya dapat,” imbuh Fernandus.

1
2
BERITA FOTO

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini