Divonis Infeksi Paru-paru, Ekki Soekarno Berhenti Merokok

Ady Prawira Riandi, Jurnalis · Jum'at 07 Februari 2020 19:45 WIB
https: img.okezone.com content 2020 02 07 33 2165129 divonis-infeksi-paru-paru-ekki-soekarno-berhenti-merokok-OxLI2B1wFE.jpg Ekki Soekarno dan Sorayah Haque (Foto: Instagram @sorayahaque)

JAKARTA - Ekki Soekarno mulai menjalani pola hidup sehat setelah divonis menderita infeksi paru-paru. Pada 16 Januari, Ekki dilarikan ke rumah sakit akibat penyakit itu.

Setelah diperbolehkan pulang dari rumah sakit, Ekki Soekarno berhenti merokok. Soraya Haque, istri Ekki, menjelaskan bahwa kesulitan terbesar saat berhenti merokok adalah mengubah mindset di kepala.

"Iya langsung (berhenti). Dengan kesempatan manusia baru, mindset dia langsung berhenti merokok. Dan buat saya yang paling sulit adalah mindset, mengubah kebiasaan yang ada pada pola hidup kita masing-masing," kata Soraya.

 

Baca Juga: Kondisi Membaik, Ekki Soekarno Berdiri Tegak Sambil Peluk Soraya Haque

Setelah memutuskan berhenti merokok, Ekki Soekarno tidak pernah mengeluh lagi soal kesehatannya. Ia justru banyak berkeluh-kesah lantaran tidak bisa melakukan banyak aktivitas seperti biasanya.

"Oh enggak (mengeluh). Tidak pernah membahas keluhan berhenti merokok, justru dia bilang, 'Aduh, ini kapan sih bisa bergerak normal?', 'Boleh untuk bekerja seperti biasa?'. Saya bilang 'Ya tunggu lah, sampai hasil lab terakhir keluar tanggal 24, apa hasilnya, setelah itu baru kita putuskan mau melakukan apa,'" jelasnya.

 

Ekki Soekarno sendiri kini masih menjalani proses recovery di rumah. Pihak keluarga juga masih menantikan hasil tes laboratorium guna menentukan langkah pengobatan selanjutnya.

(edh)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini