nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Kaleidoskop 2019: Geliat Konser Musik Musisi Tanah Air hingga Indie

Lintang Tribuana, Jurnalis · Rabu 25 Desember 2019 12:09 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2019 12 24 205 2145716 kaleidoskop-2019-geliat-konser-musik-musisi-tanah-air-hingga-indie-33y1FaT3IV.jpg Iwan Fals saat menggelar konser (Foto: Ari Julianto/okezone)

JAKARTA - Sepanjang tahun 2019, Indonesia banyak dihibur dengan berbagai konser musik dari para artis dalam negeri. Mulai dari penyanyi solo, grup band, hingga musisi indie, semuanya telah sukses mewarnai dunia hiburan Tanah Air sepanjang tahun.

Januari 2019, konser dibuka dengan pasangan romantis Dewi Gita dan Armand Maulana bertajuk 1 Hati 1 Cinta. Konser itu berlangsung di Jakarta pada 11 Januari untuk merayakan hari ulang tahun pernikahan mereka yang ke 25 tahun.

Sementara Februari dibanjiri oleh deretan konser musik para penyanyi wanita. Dimulai dari konser Salute to 3 Female Songwriters pada 9 februari. Konser ini digagas oleh Erwin Gutawa dengan menampilkan Melly Goeslaw, Dewiq, dan Dee Lestari di ICE BSD, Tangerang. Dilanjutkan dengan Vina Panduwinata lewat konser bertajuk Dua Anak Manusia Live in Concert pada 26 Februari 2019 di kawasan SCBD, Jakarta.

 Armand Maulana dan Dewi Gita

Baca juga: Tahun Kelam Industri Korea, Meninggalnya Aktor hingga Idol K-Pop

Sejumlah musisi kawakan tanah air juga mewarnai konser di bulan Maret ini, seperti grup Band Jikustik yang menghelat konser reuni pada 29 Maret 2019. Ada juga Iwan Fals menggelar konser bertajuk Aku Cinta di Alianz Ecopark Ancol, Jakarta Pusat pada 30 Maret 2019.

Pada bulan Juli, penyanyi Tulus kembali menggelar konser bertajuk One Intimate Night with Tulus pada 30 Juli 2019. Pria 32 tahun itu sukses menghibur para penggemarnya di Mall Kota Kasablanka, Jakarta Selatan.

Penyanyi Tulus 

Baca juga: Tangis Industri Hiburan Tanah Air, Belasan Artis Meninggal Dunia

Kemudian, penyanyi Afgansyah Reza menggelar konser bertajuk Dekade pada 9 Agustus 2019 di Istora Senayan, Jakarta. Konser tersebut sekaligus menandai sang pelantun Panah Asmara untuk vakum sementara dari industri musik demi menyiapkan albumnya yang akan rilis pada tahun depan.

Dilanjutkan dengan Soundfest yang diselenggarakan di Summarecon Mall Bekasi pada 24-25 Agustus 2019. Sejumlah musisi indie beraksi dalam festival musik ini, di antaranya adalah Sisitipsi, Efek Rumah Kaca, hingga Stars and Rabbit.

Mengawali bulan September, para musisi indie kembali hadir lewat Soundrenaline 2019 yang Digelar di GWK Bali pada 7 dan 8 September. Di antaranya adalah Fourtwnty, .Feast, Fiersa Besari hingga Jason Ranti. Gebrakan lain ditampilkan oleh grup band Noah pada 28 September 2019. Melalui konser Project X, mereka mampu membius penggemarnya di Istora Senayan, Jakarta Pusat meskipun tanpa kehadiran Uki.

Band Indie Sisitipsi 

Baca juga: Duka Hollywood, Meninggalnya Luke Perry hingga Juice Wrld

Pada Oktober, penyanyi Rossa menghadirkan konser bertajuk Tegar 2.0 di Tennis Indoor Senayan, Jakarta Pusat pada 5 Oktober 2019. Konsernya ini sebagai pembuka rangkaian konsernya di tiga titik lain, yakni Bandung, Yogyakarta, dan Surabaya. Musisi indie seperti .Feast, Danilla Riyadi, Stars and Rabbit, hingga Barasuara ikut menunjukkan taringnya di Synchronize Fest 2019 yang diselenggarakan di Gambir Expo pada 4-6 Oktober 2019.

Demam konser indie masih berlanjut di November dengan kehadiran Lokatara Music Fest 2019. Namun acara yang dihelat pada 23 November 2019 di Kuningan City Jakarta ini menimbulkan tragedi dengan pembatalan penampilan sejumlah musisi. Kendati demikian, festival musik ini masih disemarakkan dengan kehadiran The Adams, Reality club, dan Svmmerdose.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini