nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Diadopsi, Steve Jobs Tak Pernah Bertemu dengan Ayah Kandung hingga Meninggal

Lintang Tribuana, Jurnalis · Minggu 15 Desember 2019 12:07 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2019 12 13 33 2141596 diadopsi-steve-jobs-tak-pernah-bertemu-dengan-ayah-kandung-hingga-meninggal-j6GtdBrZ7a.jpg Steve Jobs (Foto: Fortune)

LOS ANGELES - Belum banyak yang mengetahui bahwa sang inovator Apple, Steve Jobs ternyata adalah seorang anak adopsi. Ia dibesarkan oleh Paul Reinhold Jobs dan Clara Jobs, pasangan asal Armenia yang tak bisa memilliki keturunan.

Baca Juga: Bae Suzy Bakal Jadi Steve Jobs ala Korea dalam Sandbox

Steve Jobs

Ibu kandung Steve, Joanne Schieble hamil pada 1954 sebelum menikah dengan ayah kandungnya, Abdulfattah Jandali yang merupakan imigran Suriah. Orangtua Joanne kala itu tak merestui hubungannya dengan Abdulfattah karena berdarah Arab.

Di bawah tekanan orangtuanya, Joanne bertolak ke San Fransisco untuk melahirkan Steve pada 24 Februari 1955. Hal itu bahkan tak diketahui oleh Abdulfattah.

Steve Jobs

"Tanpa memberitahu aku, Joanne pergi dan pindah ke San Fransisco untuk melahirkan tanpa sepengetahuan siapa pun, termasuk saya," kata Abdulfattah dikutip dari Telegraph pada Minggu (15/12/2019).

Setelah Joanne melahirkan Steve yang kemudian diadopsi oleh Paul dan Clara, ia kemudian menikah dengan Abdulfattah. Mereka memilki anak lagi bernama Mona Simpson, yang menjadi novelis sukses di usia 27 tahun.

Steve sempat bertemu dengan Mona. Pada 1997 ia menyatakan bahwa adik kandungnya itu adalah salah satu teman terbaiknya di dunia. Namun ia menolak kehadiran orangtua kandungnya dan lebih menganggap Paul dan Clara sebagai orangtuanya.

Steve Jobs

Abdulfattah sebenarnya sudah beberapa kali mencoba menghubungi Steve via email, namun tak mendapat balasan. Ia berharap dapat menemui putra kandungnya itu sebelum terlambat.

"Sekarang aku hanya berharap sebelum terlambat, dia (Steve) akan menghubungiku. Hanya dengan minum kopi dengannya saja sudah membuatku jadi pria paling bahagia," kata Abdulfattah pada 2011 seperti dikutip dari Dailymail.

Abdulfattah mengaku bukan uang yang membuatnya mengungkap jati dirinya sebagai ayah biologis Steve dan ingin bertemu dengannya. Pria yang berprofesi sebagai vice president sebuah kasino di Reno, Nevada itu hanya ingin bertemu mata langsung dengan darah daging yang tak pernah dilihatnya.

Baca Juga: Rionaldo Stockhorst Ungkap Cut Tari dan Richard Kevin Sudah Pacaran 10 Tahun

Tapi takdir tak mengizinkan Abdulfattah untuk bertemu dengan putranya. Steve Jobs mengembuskan nafas terakhirnya pada 5 Oktober 2011 akibat penyakit kanker pankreas yang telah menggerogotinya selama tujuh tahun.

1
3
BERITA FOTO
+ 1

QUOTES OF THE DAY: Steve Jobs

"Orang-orang berfikir bahwa fokus itu berarti berkata ya ke hal yang harus Anda kerjakan. Namun sebenarnya sama sekali tidak tepat. Itu berarti berkata tidak ke ratusan ide hebat lainnya. Anda harus memilihnya hati-hati." -Steve Job-

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini