nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Glenn Fredly Dukung Langkah Mendikbud Kaji Ulang UN

Adiyoga Priambodo, Jurnalis · Selasa 03 Desember 2019 19:30 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2019 12 03 33 2137549 glenn-fredly-dukung-langkah-mendikbud-kaji-ulang-un-8rOLt5obpL.jpg Glenn Fredly (Foto: Okezone)

JAKARTA - Glenn Fredly mendukung penuh wacana Mendikbud Nadiem Makarim untuk mengkaji ulang Ujian Nasional (UN) sebagai patokan kelulusan siswa sekolah. Menurut Glenn, penerapan UN mulai tidak sejalan dengan perkembangan jaman sehingga diperlukan adanya penyegaran.

“Saya sepakat banget dari Mas Nadiem, bicara tentang menghasilkan generasi yang adaptif, adaptasinya terhadap perkembangan,” tuturnya di kawasan Blok M, Jakarta, Selasa (3/12/2019).

Baca Juga:

Lirik Lagu Terbaru Glenn Fredly, Rona

Glenn Fredly Inisiasi Konser Perayaan Ulang Tahun ke-80 Bob Tutupoly  

Glenn Fredly

Glenn Fredly dalam lanjutannya menambahkan, saat ini kreativitas generasi muda lebih penting untuk dikembangkan. Daripada hanya terpaku pada kemampuan siswa dalam menghapal teori untuk menentukan kelulusan.

“Mungkin di generasi saya menghapal itu keharusan, tapi kenyataannya bukan itu yang dibutuhkan. Generasi hari ini berkembangnya teknologi membawa perubahan yang begitu signifikan, persaingan global membuat kita mau tidak mau dituntut untuk lebih kreatif,” jelas Glenn.

Apalagi selama ini, materi yang diujikan dalam UN sering memberikan beban tersendiri bagi siswa. Tak jarang, terdapat kesenjangan antara siswa yang tinggal di perkotaan dengan mereka yang menempuh pendidikan di pedesaan dalam mempersiapkan diri jelang UN.

Baca Juga:

Nikita Mirzani Buka Baju di Mall, Jadi Bahan Tontonan

Iwan Fals Komentari Aksi Reuni 212, Netizen Ramai

Glenn Fredly


“Saya pikir UN kalau untuk dikaji, ditiadakan, saya setuju karena bebannya beda sekali. Ukurannya menjadi ukuran negara dalam melihat dunia pendidikan kita,” kata sang musisi.

“Karena kalau UN dari negara, sedangkan dari Sabang sampai Merauke masyarakat kita punya karakter yang berbeda dalam merespons, memiliki pendekatan yang berbeda terhadap dunia pendidikan masing-masing,” lanjut Glenn.

Kendati demikian, kelanjutan sistem UN tetap berada di tangan pemerintah. Andaikan nantinya UN tetap masuk kurikulum pendidikan di Tanah Air, Glenn Fredly berharap hal itu tidak lagi dijadikan patokan kelulusan bagi siswa.

Baca Juga:

Rayakan Natal, Salmafina: Tahun Kedua Sebenarnya

Terungkap Asal Usul Nama Muljoto Orangtua Agnez Mo


“Menurut saya pada akhirnya, setahu saya, anda mau kerja bukan dilihat nilai. Anda ingin bekerja yang dilihat adalah pengalaman, vocational anda, kemudian cara Anda bisa menyelesaikan sebuah problem, adaptasi terhadap sebuah permasalahan, dan bisa mengambil jalan keluar terhadap sebuah permasalahan. Itu kayaknya menjadi ruang tersendiri terhadap profesi,” pungkasnya.

1
3
BERITA FOTO
+ 7

Ini Foto Pedangdut Cantik Mutia Ayu yang Dinikahi Glenn Fredly

Mutia Ayu dengan balutan pakaian kotak-kotak dan hitam terlihat seksi. foto instagram @mutia_ayuu.

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini