Share

Selain Lewat Lagu, Begini Cara Sheryl Sheinafia Perangi Sampah Plastik

Adiyoga Priambodo, Jurnalis · Sabtu 30 November 2019 19:07 WIB
https: img.okezone.com content 2019 11 29 33 2136230 selain-lewat-lagu-begini-cara-sheryl-sheinafia-perangi-sampah-plastik-5c5bcvguSZ.jpg Sheryl Sheinafia (Foto: Instagram/@sherylsheinafia)

JAKARTA - Sudah 1,5 tahun belakangan Sheryl Sheinafia ikut memerangi sampah plastik di Indonesia. Untuk mengurangi penggunaan plastik, Sheryl kini memilih membawa tas serta botol minum sendiri kemanapun dia pergi.

Baca Juga: Lewat Lagu, Sheryl Sheinafia Ingatkan Bahaya Sampah Plastik

Sheryl Sheinafia

“Aku selalu bawa tas yang ada pocket untuk tumbler aku. Meski akan berat sedikit, tapi buat aku itu di kompromiin dengan kontribusi aku. Jadi lebih baik aku yang keberatan sedikit,” ungkap Sheryl Sheinafia di kawasan Cipete, Jakarta, Jumat (29/11/2019).

Meski terkesan sederhana, Sheryl Sheinafia menganggap cara tersebut sudah cukup efektik dalam menekan penyebaran sampah plastik. Setidaknya menurut Sheryl, dirinya sudah mencoba mengurangi pencemaran lingkungan yang ditimbulkan sampah plastik.

Sheryl Sheinafia

“Selama aku tahu kalau harus menempatkan di tempat lain. Jadi kalau dari aku sih sudah mencoba untuk meminimalkan,” tuturnya.

Namun di sisi lain, Sheryl Sheinafia juga tidak menampik bahwa sesekali dia masih menggunakan plastik. Apalagi dalam situasi yang menurutnya tidak memungkinkan untuk memasukkan semua barang bawaannya ke dalam tas.

“Kalau memang kondisinya tidak mendukung, ya aku akan bawa pulang (sampah plastik) ke rumah,” kata Sheryl.

Sheryl Sheinafia

Bedanya, Sheryl Sheinafia tidak lantas membuang plastik sisa pakai tersebut. Daripada membuangnya, Sheryl memilih membuat ornamen dari plastik yang sudah dia pakai agar tidak menjadi sampah.

“Aku suka bikin gelang dari sedotan, atau kayak ornamen-ornamen seperti itulah. Iya untuk digunakan sendiri,” jelasnya.

Kongkow Okezone Hadirkan Vidi Aldiano, Sheryl Sheinafia & Jevin Julian

Bila sedang malas mengolah plastik sisa pakai, Sheryl Sheinafia memilih melipat dan menyimpannya agar bisa digunakan lagi.

“Aku lipat plastiknya jadi segitiga, biar aku pakai plastik yang itu-itu lagi biar enggak rusak. Kalaupun rusak bisa ditaruh di bank sampah biar diolah lagi,” pungkas dia.

Baca Juga: Ramai soal Darah Indonesia, Eddie Van Halen Akui sang Ibu dari Rangkasbitung

Sheryl Sheinafia memang cukup aktif memerangi penyebaran sampah plastik di Indonesia. Selain lewat diri sendiri, Sheryl juga coba menyebar pemahaman memerangi sampah plastik lewat lagu.

Bekerjasama dengan salah satu produk air mineral, Sheryl Sheinafia memperkenalkan lagu berjudul Positif yang didalamnya memuat ajakan mengurangi penggunaan plastik.

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini