nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Kisah di Balik Zebra Cross yang Jadi Ikonik The Beatles

Adiyoga Priambodo, Jurnalis · Sabtu 16 November 2019 14:20 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2019 11 15 33 2130362 kisah-di-balik-zebra-cross-yang-jadi-ikonik-the-beatles-vhwL3ht9Pz.jpg The Beatles (Foto: Telegraph)

LONDON - The Beatles merupakan salah satu band tersukses di Tanah Britania bahkan dunia. Karya John Lennon dan kolega bahkan masih dikenal luas hingga kini.

Namun selain dari kemampuan bermusik, The Beatles juga melahirkan karya ikonik lain yang juga melegenda. Tak lain dan tak bukan, foto keempat personel The Beatles saat melintas di zebra cross Abbey Road.

Ide pemotretan kala itu lahir dari buah pemikiran Paul McCartney. Lewat bantuan fotografer Iain MacMillan, lahirlah sebuah karya fotografi yang kemudian digunakan sebagai cover album The Beatles Abbey Road.

Butuh proses yang tak mudah bagi The Beatles untuk melakoni sesi pemotretan tersebut. Dengan bantuan kepolisian setempat, para personel The Beatles mendapat ijin pemblokiran jalan selama sesi pengambilan gambar berlangsung.

The Beatles

Baca juga: Penyesalan Tak Berujung Mark David Chapman, Pembunuh John Lennon

Seiring dilakukannya pemblokiran jalan, Iain MacMillan bisa dengan leluasa memilih sudut terbaik untuk melakukan pemotretan. Perlu tiga kali melintas bagi keempat personel The Beatles guna mendapatkan hasil foto yang sempurna di masa itu.

Total, Iain MacMillan melakukan enam kali pemotretan saat para personel The Beatles melintas di zebra cross legendaris tersebut. Satu dari lima hasil foto sudah terjual dalam kegiatan lelang di 2012 dengan harga 16.000 Poundsterling.

Bukan tanpa alasan para personel The Beatles memilih zebra cross tersebut sebagai lokasi pemotretan. Sebab tepat di depan zebra cross, terdapat studio rekaman yang jadi saksi bisu perjuangan The Beatles dalam merintis karier di industri musik.

Baca juga: Di-Unfollow Melly Goeslaw, Rossa: Enggak Ada Masalah

The Beatles

Album Abbey Road milik The Beatles sendiri dirilis tujuh pekan setelah sesi pemotretan berlangsung. Sementara hingga saat ini, zebra cross yang berada di kawasan Abbey Road hampir setiap hari dipadati pengunjung yang ingin mengabadikan foto disana.

1
2
BERITA FOTO
+ 4

Jelang Pertunjukan 50 th Anniversary of The Beatles

Ketua Yayasan Asma Indonesia Retno Ratman Saman, Ketua Panitia Acara The 50 th Anniversary of The Beatles Lily Rosyana, Ketua Perkumpulan Beatles Dunia Mania Nancy Tobing dan Musisi Jelly Tobing saat konferensi pers acara The 50 th Anniversary of The Beatles di Jakarta, Senin (21/4/2014). Acara tersebut digelar untuk memperingati 50 tahun The Beatles dengan konsep Charity Event yang akan digelar tanggal 6 Juni 2014 di The Hall Senayan City sebagai even terbesar di tanah air.

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini