nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

4 Film Horor yang Diangkat dari Kisah Nyata

Hana Futari, Jurnalis · Sabtu 12 Oktober 2019 13:05 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2019 10 11 206 2115867 4-film-horor-yang-diangkat-dari-kisah-nyata-aEKQEIcl6N.jpg Film Conjuring (Foto: Cinema Blend)

LOS ANGELESFilm horor masih menjadi genre film yang banyak mendatangkan para penonton ke bioskop. Penonton seakan tertantang untuk mengikuti alur cerita yang tak jarang membuat bulu kuduk merinding.

Dari deretan film horor yang pernah ditayangkan, beberapa di antaranya mengklaim jika jalan ceritanya terinspirasi dari kejadian nyata. Berikut empat film horor terbaik yang diadaptasi dari peristiwa nyata.

1. The Strangers (2008)

The Strangers

Film horor garapan Bryan Bertino ini menceritakan tentang pasangan muda James Hoyt (Scott Speedman) dan pacarnya Kristen McKay (Liv Tyler) yang melewati satu malam di sebuah pedesaan terpencil. Di malam itu, mereka mendapat teror dari tiga orang bertopeng yang menyeludup ke rumah tersebut dan merusak semua jalan keluar.

Baca juga: Kembali Main Film Horor, Dion Wiyoko Ogah Buka Mata Batin

Bryan Bertino pun mengatakan jika film ini terinspirasi dari kisah masa kecilnya. Sang sutradara mengatakan film tersebut diilhami dari sekelompok orang asing misterius yang mengetuk pintu rumahnya dan ternyata bertujuan untuk merampok rumah-rumah kosong.

Film horor ini, tak serta merta mengangkat kisah nyata dari pengalaman masa kecilnya, Bryan Bertino membalik ide itu dengan menceritakan tiga orang bertopeng itu sebagai pembunuh berantai dan mengubah tujuan kunjungan mereka.

2. Child’s Play (1988)

Childs Play

Sebelum Annabelle, Chucky telah lebih dahulu meneror para pecinta film horor. Film yang digarap oleh sutradara Tom Holland ini disebut-sebut berdasarkan kisah nyata.

Child's Play, dianggap sebagai salah satu film horor terbaik sepanjang masa. Film ini menceritakan tentang pembunuh berantai Charles Lee Ray (Brad Dourif) memasukkan jiwanya ke dalam boneka berbentuk anak laki-laki dengan kepala merah untuk melanjutkan misinya.

Inspirasi itu adalah boneka desain mengerikan bernama Robert, yang dimiliki oleh Gene Otto yang berusia enam tahun pada tahun 1906. Robert the Doll dibuat Gene untuk pelayan Bahama keluarganya, yang juga ahli voodoo (boneka mistis).

Keterampilannya ternyata terbukti efektif karena Robert akan menikmati mengejek anak-anak dan memutilasi mainan Gene lainnya, di antara fenomena lain yang tidak bisa dijelaskan.

3. The Conjuring (2013)

The Conjuring disebut-sebut terinspirasi dari kasus mistis paling menyeramkan yang ditangani oleh pasangan cenayang Ed dan Lorraine Warren. Meskipun tidak ada bukti yang dikonfirmasi tentang keberadaan hantu dan kisahnya telah dilakukan pasangan tersebut.

Sutradara The Conjuring, James Wan memilih penyelidikan Warrens 1971 tentang rumah Keluarga Perron sebagai inspirasi cerita The Conjuring.

Promosi film The Conjuring juga menampilkan wawancara dengan Keluarga Perron yang sebenarnya. Hal tersebut membantu untuk meyakinkan audiens agar ingin menonton film horor yang terinspiasi dari kisah nyata tersebut.

4. The Exorcist (1973)

The Exorcist

Sutradara William Friedkin tidak pernah menganggap adaptasi yang dinominasikan Oscar untuk novel William Peter Blatty sebagai film horor, meskipun sekarang dianggap sebagai salah satu film horor terbaik yang pernah ada.

Hal tersebut lantaran menurut Friedkin, The Exorcist terinspirasi oleh kejadian nyata pengusiran setan yang bersemayam di tubuh bocah berusia 14 tahun bernama Roland Doe di rumah sakit St. Louis.

Bagi Friedkin, hal tersebut adalah kesempatan unik yang dilihatnya. Dia ingin menggunakan fiksi kepemilikan St. Louis dan membuat film yang berkomentar mengenai misteri kepecayaan.

Meskipun diangkat dari kisah nyata, namun terdapat pengubahan-pengubahan dari ceritanya. Seperti tokoh utama yang menggambarkan seorang gadis kecil berusia 12 tahun.

1
3
BERITA FOTO
+ 5

Mira Lesmana Bicara Digital Platform Video on Demand untuk Film Indonesia

Produser film Mira Lesmana menyambut baik pertumbuhan digital platform video on demand di Indonesia.

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini