nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Begini Perjuangan Irish Bella Selamatkan Bayi Kembarnya

Vania Ika Aldida, Jurnalis · Jum'at 11 Oktober 2019 08:14 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2019 10 10 33 2115382 begini-perjuangan-irish-bella-selamatkan-bayi-kembarnya-cMzZAB2ufu.jpg Irish Bella dan Ammar Zoni (Foto: Vania/Okezone)

JAKARTA - Ammar Zoni dan Irish Bella hingga kini masih merasa terpukul atas kepergian kedua bayi kembar mereka, Aiona Aisyah dan Aiora Khadijah, pada Minggu 5 Oktober 2019. Bahkan kedatangan keduanya ke Rumah Sakit Harapan Kita beberapa hari sebelum sang bayi meninggal dunia, dianggap sebagai sebuah keterlambatan.

Usai dinyatakan terlambat dan diperiksa, dokter di Rumah Sakit Harapan Kita menyimpulkan bahwa bayi yang ada dalam kandunganya Irish hanya mampu bertahan hidup sebanyak 20 persen saja. Mendengar hal tersebut, Ammar pun mengaku tak mampu menahan perasaan sedihnya, termasuk takut untuk mengatakannya pada Irish Bella.

Ammar Zoni dan Irish Bella

"Dari pemaparan dokter Gatot, kandungan Irish stadium 4, dan mempertanyakan kenapa baru sekarang dibawa? Loh kami juga dapat rujukan di rumah sakit sebelumnya, ya kami akan coba semaksimal mungkin," jelas Ammar Zoni, saat ditemui di kediamannya, di kawasan Cinere, Depok, Jawa Barat, Kamis (10/10/2019).

Baca juga: Ammar Zoni: Seharusnya Saya Bisa Ambil Keputusan, Selamatkan Minimal 1 Bayi

"Dokter jelasin kalau mereka hidup 20 persen. Kami upayakan, di situ dokter kasih tau saya, ya saya harus bisa menahan rasa sedih, kecewa, dan takut, terus gimana saya harus sampein ke istri saya? Takut ya dia tergunjang. Tapi Alhamdulillah ini di luar dugaan saya punya istri luar biasa, perempuan ini mampu menyemangati saya, disaat saya pingsan, Irish support saya. Aku akuin kamu perempuan luar biasa," lanjutnya.

Berbagai upaya telah dilakukan oleh dokter untuk bisa menyelamatkan minimal satu bayi yang di kandung Irish Bella. Bahkan, operasi sebanyak dua kali, termasuk pemisahan dua bayi yang menempel, sudah sempat dilakukan oleh Irish Bella.  

"Itu salah satu upaya operasi pertama Fetoskopi kan aku di rumah sakit aku jalani dua kali operasi, yaitu bayi saya TTTS makanya kita jalani operasi untuk bisa nyelamatin dua-duanya," jelas Irish Bella.

Baca juga: Badan Irish Bella Bengkak, Ammar Zoni Merasa Janggal

Ammar Zoni dan Irish Bella

"Kita upayakan dari doker Gatot untuk endoskopi, ibaratnya piring dipotek dengan harapan dikasih makan setengah-setengah. Pas dipotek terjadi hipertensi, tekanan darah tinggi preklamisa. Yang mengakibatkan plasenta, babynya keluar dari plasenta, dan tidak mendapat oksigen," timpal Ammar Zoni.

 

Mengenai riwayat darah tinggi, Ammar mengatakan bahwa istrinya tak memiliki riwayat tersebut. Namun, preklamsi merupakan salah satu hal yang wajar terjadi pada ibu hamil.

"Preklamsia akan terjadi pada ibu hamil dan yang beresiko ibu hamil kembar. Apalagi kasus kami kembar identik dan itu sakitnya langka. Dan kami baru tahu kemarein trimester tiga, adalah penyakit 20 persen kesembuhannya," tutup Ammar.

1
3
BERITA FOTO
+ 7

Melihat Kembali Potret Cantiknya Irish Bella saat Hamil

Potret tasyakuran kehamilan Irish Bella. (Foto: Instagram @_irishbella_)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini