nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Rieka Roslan Akui Kegelisahannya sebagai Komposer Lagu

Vania Ika Aldida, Jurnalis · Jum'at 27 September 2019 21:09 WIB
https: img.okeinfo.net content 2019 09 27 205 2110280 rieka-roslan-akui-kegelisahannya-sebagai-komposer-lagu-nG7leIFp4g.jpg Rieka Roslan (Foto: Instagram/@rieka.roslan)

JAKARTA - Rieka Roslan mengakui kegelisahannya sebagai seorang pencipta lagu di Indonesia. Wanita 49 tahun ini mengungkapkan, bahwa dirinya kerap kali merasa tak dianggap, meski lagu ciptaannya mendapatkan penghargaan dari ajang musik tanah air.

Baca Juga: Rieka Roslan Gandeng Tiwi eks T2 Jadi Rekan Duet

Bukan hanya dirinya, kegelisahan juga dirasakan beberapa komposer lain, sebut saja Dewiq hingga Melly Goeslaw. Apalagi saat melihat fenomena bahwa media pun jarang menyebut sang pencipta lagu.

Rieka Roslan

"The Best of Rieka Roslan adalah kesedihan saya, karena sering kali lagu saya dapat award, tapi saya enggak diundang. Pialanya dikasih ke penyanyinya, padahal lagu terbaik. Dan itu tidak terjadi pada saya saja. Pada Dewiq, pada Melly juga," ujar Rieka Roslan saat ditemui di perilisan single Oh Kasih, di kawasan Kemang, Jakarta Selatan, Jumat (27/9/2019).

Rieka Roslan

"Atau TV, radio, media cetak hanya bilang dipopulerkan oleh, tidak mencari tahu siapa penulis lagunya. Nah The Best of Rieka Roslan ini saya angkat supaya semua sadar bahwa penyanyi itu tidak Akan menjadi Diva, Divo atau apa kalau enggak ada lagu yang bagus," sambungnya.

Fenomena sering diabaikannya pencipta lagu, membuat Rieka Roslan mengaku akan kembali mengundang rekan media untuk membicarakan persoalan yang dialami oleh seorang komposer.

Rieka Roslan

"Dan karena fenomena ini aku jadi kontak sama Melly, sama Glenn, dan semuanya, kita janjian akan mengundang kalian lagi (media), tapi tidak sekarang," tutur Rieka.

Apalagi saat mengetahui bahwa royalti yang didapatkan oleh pencipta lagu hanya sekitar 0,5 persen dari tarif manggung seorang penyanyi.

"Karena ternyata banyak sekali nasib komposer di Indonesia yang belum dapat haknya, sehingga akhirnya dia harus berjualan makanan, sementara penyanyinya sekali tampil Rp 120 juta, Rp 90 juta. Sementara penulis lagunya, royaltinya mungkin Rp 5 juta setahun," paparnya.

Baca Juga: Pamer Mobil Baru, Pelat Mobil Vanessa Angel Bikin Salah Fokus

"Bagaimana membelah itu? So that's why saya membuat Izinkan Aku Menyayangimu, Coba Untuk Setia, untuk tidak selalu melihat sesuatu yang indah, tapi melihat suatu kisah," tutupnya.

1
3
BERITA FOTO
+ 7

Rieka Roeslan Beryanyi Keroncong

Vokalis The Groove, Rieka Roeslan saat berada di Galeri Indonesia Kaya, Jakarta, Rabu (1/4/2015). Rieka Roesla akan beryanyi keroncong dalam Keroncong Week dengan tema Keroncong Djoeara Noesantara (Kedjora) yang akan dipentaskan 7 hingga 12 April 2015.

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini