Perjuangan Kim Kardashian Dapatkan Anak, Derita Preeklampsia & Placenta Accreta

Rena Pangesti, Jurnalis · Sabtu 21 September 2019 09:06 WIB
https: img.okezone.com content 2019 09 20 33 2107512 perjuangan-kim-kardashian-dapatkan-anak-derita-preeklampsia-placenta-accreta-qeUqj9lK2q.jpg Keluarga Kim Kardashian (Foto: Instargam/@kimkardashian)

LOS ANGELES – Kim Kardashian mengalami masalah pada kehamilan anak pertamanya, North West lantaran menderita pre-eklampsia. Melansir Metro Uk, Sabtu (21/9/2019), penyakit itu timbul dikarenakan sang ibu mengalami tekanan darah tinggi.

Baca Juga: Diprotes Publik Jepang, Kim Kardashian Ubah Merek Bisnis Underware-nya

Penyakit yang diderita Kim Kardashian bisa mengakibatkan kerusakan pada sel darah merah, penyakit ginjal, dan cairan yang menumpuk di paru-paru. Untuk menghindari bahaya bagi dirinya sendiri dan janin, Kim harus melahirkan lebih awal di usia kandungan 34 minggu.

Kim Kardashian

Namun, menyusul kelahiran North West pada 15 Juni 2013, Kim Kardashian terkena kondisi placenta accreta dan mengharuskannya menjalani tindakan operasi.

“Dokterku harus memasukkan seluruh tangannya ke tubuhku dan melepaskan plasenta dari rahimku dengan kuku jarinya. Itu sangat menyakitkan,” ujar Kim kepada People di 2015.

Tematik artis hamil

Berdasarkan keterangan dari dokter Ulul Albab SpOG, placenta accreta merupakan kondisi di mana plasenta (ari-ari) tidak bisa keluar saat bayi lahir karena terjadi implantasi atau penempelan pada dinding rahim yang sampai menembus ke otot.

Melihat kondisinya ini, Kim Kardashian telah diberikan peringatan agar ia tidak lagi hamil. Namun keinginan Kim untuk memiliki banyak anak rupanya lebih besar. Resiko pun diambil sang model dan akhirnya melahirkan anak ke-2, Saint West pada 5 Desember 2015 dengan persalinan caesar.

“Itu adalah perjalanan panjang,” ujar perempuan kelahiran Los Angeles itu kepada C Magazine.

Setelah mendapatkan peringatan agar tidak melahirkan anak lagi, Kim dan Kanye akhirnya memutuskan menggunakan jasa ibu pengganti atau surogasi. Ini artinya bukan Kim langsung yang mengandung anaknya, melainkan ia menitipkan sel telur yang sudah dibuahi ke rahim orang lain.

Baca Juga: Gaya Busana Dikritik Deddy Corbuzier, Uya Kuya: Ruginya Buat Lo Apa?

Dua anak termua Kim dan Kanye, yakni Chicago dan Psalm West lahir dari ibu pengganti. Bagi Kim, memiliki empat anak sudah cukup baginya dan ia ingin membagi dengan rata waktu serta perhatian pada mereka.

“Aku kira aku akan tidak bisa menangani lebih dari ini,” tuturnya.

“Saat ari-ari tidak bisa terlepas maka ada resiko pendarahan pada ibu, untuk itu perlu tindakan operasi,” tutur dr. Ulul saat dihubungi Okezone melalui sambungan telepon pada Jumat (20/9/2019).

Ulul menambahkan, pada tindakan operasi biasanya rahim sang ibu juga ikut diangkat guna menghindari pendarahan yang lebih parah. Namun pada kasus Kim Kardashian, tindakan pengangkatan rahim tidak dilakukan.

Kim Kardashian dan anak-anak

Hal tersebut sebenarnya bisa menyebabkan istri Kanye West itu kembali mengalami placenta accreta di kehamilan berikutnya. Hal itu lantaran munculnya penyakit ini juga dipicu bekas operasi.

Selain bekas operasi, menurut dr Ulul, penyebab lain placenta accreta bisa muncul karena kelainan pembuluh darah di sekitar rahim dan tindakan yang berulang-ulang (contohnya kuret yang mengenai dinding rahim).

1
3
BERITA FOTO
+ 7

Wajah Istri Pesepakbola Ini Dinilai Mirip dengan Kim Kardashian

Majda Sakho berpose sambil memegang telefon. (Foto: Instagram @majdasakho)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini