nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Dari BJ Habibie, Reza Rahadian Belajar Cinta

Adiyoga Priambodo, Jurnalis · Jum'at 13 September 2019 08:13 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2019 09 12 33 2104086 dari-bj-habibie-reza-rahadian-belajar-cinta-QVFlri2BpZ.jpg Reza Rahardian (Foto: Instagram @officialpilarez)

JAKARTA - Reza Rahadian menuai berbagai macam ilmu dari BJ Habibie semasa hidup, termasuk tentang cinta. Habibie pernah meminta Reza untuk menanamkannya di berbagai aspek kehidupan termasuk pekerjaan.

"Saya akan selalu ingat kata-kata eyang adalah kalau kamu bekerja, dengan segala ilmu pengetahuan yang kamu miliki, profesi yang kamu lakukan itu semua tidak pernah cukup. Ketika kamu tidak bekerja dengan cinta, ilmu pengetahuan tidak akan pernah cukup," ungkap Reza Rahadian saat mengenang pesan BJ Habibie di TMP Kalibata, Jakarta, Kamis (12/9/2019).

Baca juga: Reza Rahadian Diminta Terus Perankan BJ Habibie

Reza Rahardian

"Pastikan ketika kamu bekerja, ada rasa cintanya di situ," imbuhnya, masih menirukan ucapan Habibie.

Wejangan itu juga yang kemudian selalu jadi pegangan hidup Reza Rahadian hingga kini. Terlebih saat menerima wejangan itu, Reza merasa diperlakukan layaknya cucu sendiri oleh BJ Habibie.

"Itu seperti kakek yang ngomong ke cucunya. Untuk menjadi unggul, antara ilmu pengetahuan dan cinta harus berjalan seiringan," kata dia.

Ikatan batin antara Reza Rahadian dan BJ Habibie mulai terjalin setelah sang aktor memerankan sosok Presiden ke-3 Republik Indonesia itu dalam trilogi Habibie Ainun. Bahkan menurut pandangan aktris senior Christine Hakim, Reza dapat dianggap sebagai anak ideologis Habibie.

Baca juga: Ikhlas Lepas BJ Habibie, Reza Rahadian: Eyang Sudah Bahagia

Reza Rahardian-BJ Habibie

"Kalau saya katakan, Ilham dan Thareq kan anak biologis, nah Reza anak ideologisnya Pak Habibie. Karena betul-betul sangat melekat itu sosok Pak Habibie sama Reza," tuturnya.

BJ Habibie menghembuskan napas terakhir di RSPAD Gatot Soebroto, Jakarta pada 11 September 2019. Presiden Ke-3 Republik Indonesia wafat di usia 83 tahun akibat degenerasi organ tubuh.

1
2
BERITA FOTO
+ 5

Reza Rahardian Raih Pemeran Utama Pria Terbaik FFI 2016

Aktor Reza Rahadian saat meraih penghargaan Pemeran Utama Pria Terbaik di ajang Festival Film Indonesia 2016 di TIM, Jakarta, Minggu (6/11/2016). Reza memenangi penghargaan tersebut lewat film My Stupid Boss dan Rudy Habibie.

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini