nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

6 Fakta Rius Vernandes, Digugat Garuda hingga Dapat Tiket First Class Gratis

Frits Yonatan PS, Jurnalis · Jum'at 19 Juli 2019 22:02 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2019 07 19 33 2081187 6-fakta-rius-vernandes-digugat-garuda-hingga-dapat-tiket-first-class-gratis-o3ElU2sdfV.jpg Rius Vernandes (Foto: Instagram)

JAKARTA - YouTuber ternama Rius Vernandes tengah viral di dunia maya karena kasusnya dengan Garuda Indonesia. Kasusnya viral setelah ia mengunggah menu fast food kelas bisnis pesawat Garuda yang ia tumpangi dari Sydney menuju Denpasar Jumat (12/7) pada Instagram Story-nya.

Rius pun sempat menunjukan menu tersebut lewat video yang ia unggah di kanal YouTube-nya.

Tanpa diduga, postingan tersebut menuai kontroversi dari pihak Garuda Indonesia, selang beberapa hari setelah foto tersebut diunggah, polisi melayangkan surat panggilan terhadap Rius Vernandes dan rekannya Elwiyana Monica.

Dalam hal ini PT Garuda Indonesia melaporkan dua YouTuber tersebut atas dugaan pelanggaran UU Informasi Transaksi Elektronik (ITE) yaitu dugaan pencemaran nama baik.

 Rius

Melalui Instagramnya Rius Vernandes menanggapi hal tersebut dengan mengunggah foto surat panggilannya dan ia meminta pengikutnya terutama kalangan Influencer di media sosial untuk membantu menyebarkan serta mendukung dirinya dalam kasus tersebut.

Baca Juga: Wajah Imut Rius Vernandez Bikin Hotman Paris Malas Jadi Kuasa Hukum Garuda Indonesia

Hal ini dimintanya agar di masa mendatang kasus serupa tidak terulang kembali hanya karena memberikan pendapat yang apa adanya.

Rius pun menyampaikan bahwa ia siap untuk menghormati setiap peraturan hukum yang ada dan bersedia menjalaninya. Ia merasa bahwa dirinya tidak mencemarkan nama baik sebuah perusahaan dan berharap agar kasus ini dapat diselesaikan secara kekeluargaan.

Lantas bagaimana kelanjutan dari kasus tersebut? Bagaimana kehidupan Rius Vernandes dibalik kasusnya yang beredar? Mari simak artikel berikut yang memuat 6 fakta tentang Rius Vernandes :

1. Travel Vlogger

 Rius Vernandez

Nama Rius Vernandes sendiri dikenal sebagai seorang travel vlogger yang kerap membuat video ulasan fasilitas yang disediakan oleh beberapa maskapai penerbangan.

Ia memulai kariernya di YouTube sejak tahun 2018. Hingga kini kanal YouTube Rius Vernandes telah memiliki lebih dari lima ratus ribu subscribers.

Unggahan pertamanya mengulas tentang kabin kelas Premium Economy pesawat B777-300ER Singapore Airlines telah di tonton sebanyak 7 juta kali dan menuai likessebanyak 106 ribu. Penerbangan ini ia tempuh dari Jakarta menuju Sydney, Australia.

2. Pemilik Restoran Sec Bowl

 Rius

Rius Vernandes dikenal berprofesi sebagai seorang chef. Mengawali karier dengan menjadi seorang pramusaji di salah satu restoran cepat saji di Sydney, Australia.

Rius Vernandes menunjukan keseriusannya dalam bidang food and beverage dengan membuka sebuah restoran khas Thailand di daerah Jakarta hingga Bandung yaitu Sec Bowl by Rius Vernandes.

Melalui profil akun Instagram @secbowl, terdapat enam store yang telah dibuka secara resmi diantaranya secbowl Tanah Sereal, Cikajang, Gading Serpong, Kelapa Gading, Pik dan BEC (Bandung).

3. Baru Bertunangan

 Rius Vernandez

Tepat empat hari sebelum surat panggilan kepolisian dilayangkan kepada dirinya, Rius baru saja melamar kekasihnya yang juga ikut terjerat yaitu Elwiyana Monica di Sydney, Australia.

Diketahui Rius dan Elwiana yang berprofesi sebagai pramugari telah menjalin asmara sejak beberapa tahun terakhir, bahkan mereka kerap kali berlibur bersama mengunjungi beberapa negara dan membagikannya melalui video di akun YouTube Rius.

4. Asisten masak Chef Arnold

 Rius Vernandez

Juri salah satu ajang masak di Indonesia yaitu Chef Arnold pernah menjadi atasan Rius Vernandes ketika ia tinggal di Sydney, Australia.

Hingga kini Rius dan Chef Arnold masih menjalin komunikasi yang baik, hal ini dibuktikan melalui salah satu unggahan videonya bersama Chef Arnold di YouTube dengan judul ‘Chef Arnold dan Pramugari Cantik (Garuda Vintage Flight Vlog)’.

Selain itu Chef Arnold juga pernah mengadakan acara makan gratis di Sec Bowl Pantai Indah Kapuk bagi 100 orang pertama yang mengunjungi restoran miliki YouTuber tersebut.

5. Dilaporkan Serikat Karyawan Garuda Indonesia (Sekarga)

 

Atas kasus menu tulisan tangan yang diunggahnya ke media sosial, Rius Vernandes mendapat kecaman dari serikat karyawan Garuda Indonesia serta dilaporkan kepada pihak yang berwajib.

Melalui Tempo, Kepala Satuan Reserse dan Kriminal Polres Bandara Soekarno-Hatta Ajun Komisaris Alexander Yurikho menyampaikan terlapor disangkakan pasal 27 ayat (3) jo Pasal 45 ayat (3) dan atau Pasal 28 ayat (1) jo Pasal 45 A ayat (1) Undang Undang Nomor 19 Tahun 2016 tentang ITE dan atau Pasal 310 KUHPidana dan atau Pasal 311 KUHPidana.

"Karena menurut pelapor, apa yang dilakukan terlapor menghina dan mencemarkan nama baik pelapor," ujarnya kepada Tempo, Kamis 18 Juli 2019.

6. Berakhir dengan Damai

 Rius Vernandez

Hari ini Jumat (19/7) melalui akun Instagramnya Rius Vernandes mengekspresikan kebahagiaanya terkait kasus yang menjerat dirinya dengan mengunggah foto bersama pihak Garuda Indonesia, kuasa hukum Rius yaitu Abraham Srijaya dan Hotman Paris sedang bersalaman secara bersamaan.

Hal ini menandakan berakhirnya kasus tersebut dengan pencabutan laporan oleh pihak Garuda, bahkan dirinya dijanjikan akan diberikan tiket First Class Garuda secara cuma-cuma.

1
3
BERITA FOTO
+ 5

Kiper Liverpool Loris Karius Segera Merapat ke Besiktas

Sukses mendapatkan Alisson Becker dari AS Roma pada bursa transfer musim panas 2018 membuat Liverpool harus melepas salah satu penjaga gawangnya, yakni Loris Karius. (Foto: Twitter @LivEchoLFC)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini