nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Staf Drama Encounter & Hotel Del Luna Belum Dibayar Sejak Tahun Lalu

Rena Pangesti, Jurnalis · Selasa 16 Juli 2019 13:51 WIB
https: img.okeinfo.net content 2019 07 16 598 2079570 staf-drama-encounter-hotel-del-luna-belum-dibayar-sejak-tahun-lalu-TYC9zJK51h.jpg Poster Encounter dan Hotel del Luna (Foto: tvN)

SEOUL – tvN, stasiun televisi yang menyiarkan serial drama Encounter dan Hotel Del Luna memberikan reaksi atas tuntutan staf yang belum dibayar sejak tahun lalu. Tidak tanggung-tanggung nominal yang belum dibayarkan kepada staf drama bahkan mencapai ratusan juta Rupiah.

Baca Juga: Setelah My Ahjussi, Ini Alasan IU Pilih Main di Hotel del Luna

Pihak tvN mengklaim jika mereka telah memenuhi kewajiban untuk membayar secara penuh tayangan yang disiarkan di stasiun TV Korea tersebut. Pembayaran dilakukan langsung kepada Human Art, tim yang ada di lokasi syuting Encounter dan Hotel del Luna.

“Perusahaan produksi untuk Encounter telah menyelesaikan pembayaran mereka ke tim yang ada di lokasi syuting. Human Art yang belum membayar pegawai mereka," ucap sumber tvN seperti dikutip dari Soompi, Selasa (16/7/2019).

Encounter

"Kami telah memberi peringatan kepada Human Art melalui perusahaan produksi untuk menyelesaikan masalah secepatnya,” sambungnya.

Belum dibayarnya staf Encounter dan Hotel Del Luna dari tahun lalu ini terungkap dari postingan seorang staf di sebuah komunitas online pada Senin (15/7/2019). Dalam postingannya, seorang anggota tim Human Art menuliskan, “Tim set drama Hotel Del Luna tolong bayar 22,5 juta Won (Rp266 juta)."

Hotel del Luna

Menurut sumber tersebut, angka 22,5 juta Won itu adalah akumulasi dari gaji yang belum dibayarkan selama delapan bulan sejak November 2018 hingga sekarang. Angka itu juga gaji untuk penggarapan satu web drama.

"Bayaranku terus diundur sampai November tahun lalu. Jika aku terus bekerja, jumlah bayaran yang belum mereka bayarkan padaku akan terus bertambah. Jadi aku memilih keluar," kata staf tersebut.

Usaha untuk meminta keadilan telah dilakukan. Pada Maret 2019 kemarin, mereka mengajukan petisi ke Kementerian Ketenagakerjaan dan Tenaga Kerja Korea atau MOEL. Atas hal ini, CEO Human Art meminta pegawainya untuk membatalkan petisi mereka dan berjanji akan membayar tunggakan itu dengan batas akhir Mei.

IU dan Yeo Jin Goo saat konferensi pers

“Aku menolaknya karena tidak pernah dibayar tepat waktu. Jadi aku tidak bisa mempercayai apa yang dikatakan CEO dan tetap mengajukan petisi,” lanjut staff tersebut.

Geram, CEO Human Art pun membalas tindakan pegawainya itu dengan tak membayarkan upah mereka meskipun sudah melampaui batas yang dijanjikan. Hal ini terlihat dalam percakapan teks yang diungkapkan oleh penulis posting saat meminta bayarannya.

Encounter

“Apakah Anda benar-benar akan membayar saya bulan ini? Kapan kamu akan membayarku? Anda mengatakan akan membayar pada bulan Maret, dan kemudian pada bulan April. Mari kita selesaikan dengan ini kalau begitu," katanya kepada CEO tersebut.

CEO itu menjawab, "Aku memintamu untuk membatalkan (petisi), dan jika kau melakukannya, aku akan membayarmu secara penuh antara bulan Maret dan April. Tapi kau bilang tidak bisa membatalkannya. Jadi, inilah yang kukatakan kepada manajer. Agar membayarmu selambat mungkin."

CEO Human Art ini, disebut oleh staf itu, juga memimpin penggarapan serial drama Hotel del Luna yang dibintangi IU dan Yeo Jin Goo. Sama seperti saat menggarap Encounter, CEO juga tidak kunjung membayarkan gaji staf Hotel del Luna.

Baca Juga: Raditya Dika Ungkap Kisah Tragis di Balik Pesugihan, 1 Keluarga Hampir Tewas

“Teman yang pernah bekerja didiagnosis menderita penyakit langka pada bulan April dan harus minum obat untuk itu. Mereka tidak sehat dan tidak dapat bekerja sementara pihak Human Art belum melakukan satu pembayaran tunggakan selama delapan bulan," jelasnya.

1
3
BERITA FOTO
+ 7

Mengejutkan! Song Joong Ki Gugat Cerai Song Hye Kyo

Song Joong Ki meminta orang-orang agar tidak membahas kehidupan pribadi nantinya. (Foto: Instagram @songjoongkionly)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini