Maya Septha Berikan Tips Komunikasi dengan Pasangan, Netizen: Itu Enggak Gampang

Rena Pangesti, Jurnalis · Selasa 09 Juli 2019 18:32 WIB
https: img.okezone.com content 2019 07 09 33 2076718 maya-septha-berikan-tips-komunikasi-dengan-pasangan-netizen-itu-enggak-gampang-YnV8EkxY0c.jpg Maya Septha (Foto: Instagram)

JAKARTAMaya Septha menjadi selebriti yang aktif memberikan saran-saran baik seputar kehidupan melalui postingan di Instagram. Kali ini, ibu tiga anak itu membagikan tips seputar komunikasi yang baik antara pasangan suami istri.

Maya Septha mengatakan bahwa dalam sebuah pernikahan, permasalahan itu pasti ada. Namun bukan berarti pasangan itu selalu melakukan kesalahan, ada kalanya mereka disebut Maya ingin memperbaiki. Sayang niat itu kadang terpatahkan dengan respons negatif dari lawan jenisnya.

“Saat dia lagi berusaha mengubah sedikit-sedikit, eh dari mulut kita keluar: Kamu mah selalu blablabla, kamu sih enggak pernah blabla. Jadi malas deh dia untuk berubahnya, karena enggak guna juga,” tulis Maya Septha, Selasa (9/7/2019).

Maya Septha memberikan alternatif lain jika seseorang ingin menyampaikan rasa tidak suka mereka terhadap pasangan. Bukannya mengeluhkan soal kesalahan, namun sama-sama belajar untuk bisa mengatakan maksudnya.

Baca juga: Lahir dari Keluarga Broken Home, Ini Curhat Maya Septha

Maya Septha

“Contohnya, dari pada bilang ‘Kamu mah selalu jorok dan enggak pernah rapi’, ada baiknya bilang ‘aku sebetulnya enggak suka loh kalau kamu taruh baju kotor sembarangan,” lanjut Maya.

Maya Septha mengatakan jika permasalahan kecil seperti itu bisa membesar apabila tidak dibicarakan dan hanya dipendam. Bukan masalah jika salah satu pihak lebih dulu mengatakan apa yang mereka mau, termasuk bilang minta maaf apabila melakukan kesalahan.

“Terkadang bukan soal benar atau salah, tapi mengenai saling menghargai perasaan biar pernikahannya sehat dengan komunikasi. Karena gengsi itu bisa menyakiti hubungan secara jangka panjang.” jelas perempuan yang pernah berprofesi sebagai model itu.

Bicara soal cara untuk saling menghargai, Maya Septha juga menyarankan agar mereka lebih menjaga perasaan pasangannya untuk tidak membicarakan keburukan keluarga. Apalagi, jika hal itu disampaikan di publik yang dikhawatirkan akan mempermalukan pasangan.

“Komunikasi itu perlu, mengatakan yang sebenarnya juga harus. Tapi lihat-lihat juga penting apa enggaknya sesuatu keluar dari mulut kita. Jangan sampai menyakiti atau menyinggung,” imbuh Maya.

Ia menambahkan, “Kalo perlu tanya sekalian biar pasti. Perasaan dia gimana kalau kita ngomong soal keluarganya. Daripada tebak-tebakan, jangan sampai kita enggak peka sama perasaan pasangan.”

Tulisan panjang Maya Septha ini dikomentari beragam oleh netizen, ada yang menyambut dengan baik namun tak sedikit pula yang bilang sulit untuk diterapkan.

“Itu enggak gampang ka Maya,” tulis netizen. Komentar ini kemudian mendapat tanggapan dari perempuan 32 tahun itu dengan mengatakan, “Memang ada bagian di mana saya tulis itu gampang? Yang bagus biasanya susah, tapi kalo pilih yang gampang biasanya akhirnya enggak bagus.”

1
2
BERITA FOTO
+ 6

Si Cantik & Seksi Vitta Mariana Perankan Sosok Gendis di Film Kutuk

Di film horor Kutuk, Vitta memerankan sosok Gendis.

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini