nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Terbukti Konsumsi Narkoba, Park Yoochun Dihukum 2 Tahun Masa Percobaan

Siska Maria Eviline, Jurnalis · Selasa 02 Juli 2019 18:06 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2019 07 02 33 2073752 terbukti-konsumsi-narkoba-park-yoochun-dihukum-2-tahun-masa-percobaan-zfGQ5fb4jy.jpg Park Yoochun. (Foto: High Cut Magazine)

SEOUL - Pengadilan Distrik Suwon akhirnya memutuskan kasus pelanggaran narkotika yang melibatkan Park Yoochun, pada Selasa (2/7/2019). Pengadilan menyatakan mantan idol itu bersalah atas kepemilikan 1,5 gram Philopon dan menggunakannya sebanyak tujuh kali.

Pengadilan kemudian menjatuhinya hukuman penjara selama 10 bulan dengan masa percobaan 2 tahun. Artinya, jika Park Yoochun melakukan kejahatan serupa selama 2 tahun masa percobaannya, maka dia akan dijebloskan ke dalam penjara selama 10 bulan.

Baca juga: Positif Gunakan Narkoba, Park Yoochun Mundur dari Dunia Hiburan

Tak hanya itu, pengadilan juga menetapkan dia harus membayar denda sebesar KRW1,4 juta atau setara Rp17 juta. Hukuman itu sebenarnya lebih ringan dibandingkan tuntutan yang dilayangkan jaksa penuntut umum dalam persidangan yang digelar pada 14 Juni silam.

Kala itu, dia dituntut penjara selama 1 tahun 6 bulan dengan denda Rp17 juta. “Kejahatan yang berkaitan dengan obat-obatan terlarang seperti ini harus dihukum dengan tegas karena akan berdampak pada masyarakat,” ungkap Pengadilan Distrik Suwon.

Park Yoochun akhirnya menerima putusan akan kasus narkoba yang melilitnya. (Foto: YouTube/YTN)

Dalam keterangan tambahannya, pengadilan mengungkapkan bahwa kandungan Philopon yang dideteksi dari bulu kaki Park Yoochun menunjukkan dia telah mengonsumsi narkoba sejak lama. Namun, dalam mengambil keputusan pengadilan mempertimbangkan sikap sang aktor yang mengakui semua kesalahannya.

“Park Yoochun juga merenungkan perbuatannya selama 2 bulan terakhir di dalam penjara. Apalagi, ini adalah pelanggaran pertamanya. Mempertimbangkan hal tersebut, maka akan lebih tepat untuk memberikan dia masa percobaan dan kesempatan untuk merehabilitasi diri,” ungkap pengadilan.

Park Yoochun mendapatkan hukuman penjara 10 bulan dengan masa percobaan selama 2 tahun.  (Foto: News24)

Baca juga: Ternyata, Jeon Mi Seon Sempat Hubungi Pria Ini Sebelum Gantung Diri

Dengan keputusan tersebut, maka hari ini (2/7/2019) Park Yoochun resmi meninggalkan rumah tahanan yang telah dihuninya selama 68 hari terakhir. Setelah menerima keputusan dan keluar dari Pengadilan Distrik Suwon, sang aktor kemudian memberikan pernyataannya kepada awak media.

Sambil menangis, Park Yoochun mengaku menyesal menggunakan narkoba.

“Sekali lagi, aku mau meminta maaf karena membuat banyak orang khawatir. Aku akan berusaha keras memberikan yang terbaik untuk masyarakat. Aku berjanji, akan melakukannya. Aku minta maaf,” kata Park Yoochun seperti dikutip dari Soompi, pada Selasa (2/7/2019).

Park Yoochun mulai menangis ketika awak media memintanya untuk memberikan pernyataan untuk para penggemarnya. “Aku meminta maaf. Aku sangat menyesal kepada penggemarku. Aku sangat menyesal.”*

1
2
BERITA FOTO
+ 8

Potret Cantiknya Aktris dan Model Korea Selatan Song Hye Kyo

Song Hye Kyo merupakan aktris dan model asal Korea Selatan yang saat ini berusia 37 tahun. (Foto: Instagram @kyo1122)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini