nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Deretan Selebriti Tersandung Narkoba, Nomor 3 Terancam Hukuman Mati

Rena Pangesti, Jurnalis · Sabtu 08 Juni 2019 07:30 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2019 06 08 33 2064415 deretan-selebriti-tersandung-narkoba-nomor-3-terancam-hukuman-mati-bWbXChZiOf.jpg Sandy Tumiwa. (Foto: Okezone)

JAKARTAArtis dan narkoba seakan menjadi deretan kisah yang selalu ada setiap tahunnya. Meski masa hukuman terbilang berat namun tak membuat kapok para pesohor Tanah Air.

Akhir Desember 2018, aktor Steve Emmanuel diamankan pihak kepolisian atas kepemilikan kokain seberat 92,04 gram. Dari hasil penyelidikan, diketahui bahwa Steve telah mengonsumsi narkotika sejak 10 tahun lalu.

Tak sekadar sebagai pengguna, mantan kekasih Andi Soraya itu juga diduga sebagai pengedar karena sempat menyelundupkan narkoba. Atas kasus tersebut, Steve dinilai melanggar Pasal 112 ayat 2 dan Pasal 114 ayat 2 Undang-Undang Nomor 35 Tahun 2009 tentang Narkotika dengan hukuman mati.

Kasus narkoba di lingkungan selebriti tak berhenti di situ. Setidaknya, sepanjang semester I 2019, Okezone mencatat ada empat kasus lainnya. Siapa saja? Ini ulasannya untuk Anda.

ARIS RUNTUWENE

Aris Runtuwene ditangkap karena kepemilikan 0,23 gram sabu. (Foto: Instagram)

Penyanyi Aris Runtuwene alias Aris ditangkap Polres Pelabuhan Tanjung Priok bersama empat orang lainnya di sebuah apartemen di kawasan Setiabudi, Jakarta Selatan, pada 15 Januari 2019. Dari lokasi penangkapan, polisi mengamankan satu klip narkotika jenis sabu seberat 0,23 gram beserta alat hisap.

Atas temuan tersebut, Aris dijerat dengan Pasal 114 ayat (1) subsider Pasal 112 ayat (1), Pasal 132 ayat (1), UU Nomor 35 Tahun 2009 tentang Narkotika. Berdasarkan regulasi tersebut, maka Aris terancam pidana penjara seumur hidup atau paling singkat 5 tahun dan paling lama 20 tahun. Dia juga terancam pidana denda minimal Rp1 miliar dan maksimal Rp10 miliar.

Baca juga: Polisi Bantah Keterangan Aris Runtuwene Dijebak Narkoba

SANDY TUMIWA

Sidang Sandy Tumiwa

Pada 1 Maret 2019, Satuan Narkoba Polsek Menteng menangkap pesinetron Sandy Tumiwa di sebuah hotel di kawasan Jakarta Selatan. Dari tangan sang aktor dan rekannya, NY ditemukan barang bukti sabu seberat 0,24 gram, alat isap, dan alumunium foil.

Dalam keterangannya kepada awak media, Sandy Tumiwa mengaku, mengonsumsi narkoba sejak setahun terakhir. Untuk membeli barang haram tersebut, mantan suami aktris Tessa Kaunang itu mengungkapkan menghabiskan dana sebesar Rp400.000 hingga Rp800.000 dalam 2 hari.

Dengan keterlibatan Sandy Tumiwa dalam penggunaan narkoba, maka pria 37 tahun tersebut dijerat Pasal 112 Ayat (1) juncto Pasal 132 UU Nomor 35 Tahun 2009 tentang Narkotika. Dengan begitu, AKBP Arie Ardian, Wakapolres Metro Jakarta Pusat mengatakan, sang aktor terancam pidana minimal 4 tahun dan maksimal 12 tahun.

Baca juga: Mendekam di Penjara, Sandy Tumiwa Mengaku Ingin Hijrah

ZUL ZIVILIA

Zul Zivilia mengaku pasrah mendapatkan ancaman hukuman mati akibat narkoba. (Foto: Instagram)

Lama Tak terdengar kabarnya, Zul Zivilia sempat membuat heboh dengan kabar hilangnya ia jelang tampil di Bone, Sulawesi Selatan, pada 2 Maret 2019. Rupanya, dia dan tiga rekannya diringkus Ditresnarkoba Polda Metro Jaya di kawasan Kelapa Gading, pada 1 Maret 2019.

Zul Zivilia ditangkap saat dirinya tengah membungkus paket narkoba yang akan dikirim kepada klien. Dari hasil tangkap tangan tersebut, polisi mengamankan barang bukti berupa sabu seberat 9,5 kilogram, pil ekstasi 24.000 butir, empat ponsel beserta sim card, dua kartu ATM, timbangan elektronik, serta uang tunai sebesar Rp1,4 juta.

Kepada petugas, Zul mengaku sudah bergabung dengan jaringan narkoba sejak 2018. Alasannya, Menurut sang musisi Kareena dia mengalami kesulitan ekonomi.

Atas perbuatannya, Zul dan tersangka lainnya dikenakan Pasal 114 ayat (2) subsider Pasal 112 ayat (2) juncto Pasal 132 ayat (1) UU Nomor 35 Tahun 2009 Tentang Narkotika dengan ancaman hukuman penjara seumur hidup atau hukuman mati.

Ancaman hukuman mati diberikan kepadanya karena Zul Zivilia dinilai sebagai pengedar. Atas ancaman tersebut, Zul hanya bisa berpasrah diri dan siap menerima hukuman yang akan diputuskan kepadanya.

Baca juga: Dari Balik Penjara, Zul 'Zivilia' Minta Maaf pada Fans

JUPITER FORTISSIMO

Ini menjadi kali kedua bagi Jupiter Fortissimo terjerat narkoba. (Foto: Okezone)

Jupiter Fortissimo kembali ditangkap atas kepemilikan sabu di kawasan Jakarta Barat, pada 11 Februari 2019. Dari lokasi penangkapan, ditemukan alat bukti, berupa sabu bekas pakai seberat 0,25 gram, bong (alat isap), dan cangklong.

Atas kepemilikan barang haram tersebut, Jupiter dikenakan Pasal 114 ayat (1) subsider Pasal 112 ayat (1) lebih subsider Pasal 127 ayat (1) huruf a UU Nomor 35 Tahun 2009 tentang Narkotika, dengan hukuman penjara 5-20 tahun.

Ini bukan kali pertama bagi Jupiter berurusan hukum karena narkoba. Pada 10 Mei 2016, , mantan kekasih Sheila Marcia itu pernah ditangkap dengan barang bukti sabu seberat 0,54 gram. Ia kemudian didakwa dengan menjalani masa rehabilitasi selama 2.5 tahun di Lido, Jawa Barat.

Selain empat artis di atas, bintang FTV Agung Saga, model Reva ALexa, hingga pedangdut Caca Duo Molek juga tersandung kasus narkoba. Ketiganya diamankan oleh pihak kepolisian setelah digrebek memiliki barang haram tersebut.*

Baca juga: Nia Ramadhani Unggah Foto Keluarga, Netizen: Baju Dikondisikan Bu Hajah

1
4
BERITA FOTO
+ 7

Sidang Sandy Tumiwa

Terdakwa mantan suami Tessa Kaunang, Sandy Tumiwa sebelum menjalani sidang dengan agenda pembacaan eksepsi di Pengadilan Negeri Jakarta Pusat, Selasa (9/2/2016). Sandy didakwa kasus dugaan penipuan dengan kedok investasi, dimana sandy sebagai komisarisnya.

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini