nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Glenn Fredly: Musik Tidak Dapat Dipisahkan dari Indonesia

Vania Ika Aldida, Jurnalis · Sabtu 25 Mei 2019 16:02 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2019 05 23 205 2059584 glenn-fredly-musik-tidak-dapat-dipisahkan-dari-indonesia-RYQlHDMyVY.jpg Glenn Fredly (Foto: Instagram)

JAKARTA - Eratnya kaitan antara musik dan agama, rupanya menjadi perhatian musisi Glenn Fredly. Ia sempat menggelar diskusi bertajuk 'Musik Sebagai Peranti Perdamaian' di kawasan Cilandak, Jakarta Selatan, bersama beberapa musisi yang pernah membawakan lagu religi, seperti Dewa Budjana, Barry Likumahuwa, dan Odelia.

Mantan suami Dewi Sandra ini mengungkap bahwa musik dan agama merupakan bagian yang tidak bisa dipisahkan dari Indonesia. Bahkan penyiaran agama di Indonesia sendiri, dilakukan oleh Walisongo menggunakan musik.

 Glenn Fredly

"Wah besar sekali (pengaruh musik dan agama pada masyarakat), tanpa disadari itu punya efek yang akan sangat.. Bisa dibilang itu jadi kekuatan dimana kita bisa membangun sebuah dialog," papar Glenn Fredly.

Baca Juga: Cerita Dewa Budjana Ciptakan Lagu Religi Agama Lain

"Jadi kalau ditanya seberapa besar dan penting, ya penting sekali, itu enggak bisa dipisahkan dalam konteks kita membangun society. Keimanan atau agama itu sendiri kan enggak lepas dari kebudayaan," tambahnya.

Glenn menambahkan bahwa musik memiliki kekuatan untuk membangun dialog antar masyarakat. Bahkan musik sendiri dapat membangun karakter masyarakat.

"Setiap latar belakang, adat, suku, agama bahkan, musik menjadi peran yang central dalam melakukan ritual. Nah ini yang penting untuk bisa dijadikan kekuatan sebenarnya untuk kita membangun dialog budaya maupun lintas iman melalui seni dan budaya," paparnya.

 

"Kebudayaan itu bukan hanya sekedar ceremonial, tapi harus menjadi satu substansi yang membangun karakter," tukasnya.

(edh)

BERITA FOTO
+ 4

Gunakan Kopiah Musisi Glenn Fredly Temui Ketua DPR Bambang Soesatyo

Ketua DPR Bambang Soesatyo (ketiga kanan) berpose bersama musisi Glenn Fredly (ketiga kiri), Anang Hermansyah (kedua kiri) yang juga anggota Komisi X DPR, dan pengamat musik Bens Leo (kedua kanan) seusai melakukan pertemuan di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Rabu 4 April 2018

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini