nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Bukunya Sukses, Frances Caitlin Luncurkan Situs Perkampungan Budaya

Edi Hardian , Jurnalis · Jum'at 17 Mei 2019 23:46 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2019 05 17 33 2057211 bukunya-sukses-frances-caitlin-luncurkan-situs-perkampungan-budaya-56QJFT3p8s.jpg Frances Caitlin (Foto: Okezone)

JAKARTA - Penulis muda Frances Caitlin tampaknya benar-benar membuktikan kepeduliannya tentang budaya Betawi. Setelah sebelumnya buku tulisannya berjudul Ondel-Ondel Galau sukses mengangkat soal budaya Betawi, Frances Caitlin pun turun langsung ke lapangan.

Frances Caitlin Tirtaguna akhirnya berinisiatif untuk membuat sebuah situs alias portal website tentang PBB Setu Babakan.

Bukan tanpa tujuan, Frances Caitlin lantas membeberkan alasannya membuat Website Perkampungan Budaya Betawi.

"Salah satu alasan saya membuat Website Perkampungan Budaya Betawi karena Saya menyadari banyak orang yang tidak tahu dan kenal Perkampungan Budaya Betawi Setu Babakan ini," ujar Frances Caitlin belum lama ini.

 Frances Caitlin

Baca Juga: Setelah Buku, Frances Caitlin Lahirkan Web Khusus Budaya Betawi

Nantinya, masyarakat diharapkan dapat dengan mudah mencari informasi lengkap Kebudayaan Betawi dan Perkampungan Budaya Betawi. Selain itu, situs tersebut bisa memudahkan wisatawan yang ingin berkunjung agar mencapai lokasi PBB Setu Babakan.

"Yang kedua pada saat aku reset tentang Kebudayaan Betawi di internet, masih banyak sekali yang tidak lengkap atau bahkan salah," lanjut Frances Caitlin.

Acara peresmian tersebut dimeriahkan juga dengan penampilan Rebana Biang dan Tari Blenggo dan Gambus yang dibawakan oleh para Seniman Betawi, penyerahan santunan anak yatim, dan buka puasa bersama.

Selain itu, hadir juga Budayawan Betawi Bang Indra Sutisna, Bang Yahya Andi Saputra, Lembaga Kebudayaan Betawi, dan Forum JIBANG (Pengkajian dan Pengembangan Perkampungan Budaya Betawi), serta Sekretaris Dinas Pariwisata dan Kebudayaan DKI Jakarta, Asiantoro.

 

Frances Caitlin berharap, kebudayaan Betawi bisa mendunia, misalnya melihat kesenian Betawi bisa tampil di New York dan Batik Betawi bisa muncul di Paris Fashion Week.

(edh)

BERITA FOTO
+ 7

Intip Kebersamaan Ayu Ting Ting Bersama Sahabat Artisnya

Ayu Ting Ting saat bersama Ivan Gunawan. (Foto: Instagram @ayutingting92)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini