nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Setelah Buku, Frances Caitlin Lahirkan Web Khusus Budaya Betawi

Edi Hardian , Jurnalis · Selasa 30 April 2019 22:22 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2019 04 30 33 2050032 setelah-buku-frances-caitlin-lahirkan-web-khusus-budaya-betawi-Zcl8gkIxsQ.jpg Frances Caitlin (Foto: Okezone)

JAKARTA - Nama Frances Caitlin dikenal khususnya oleh masyarakat Betawi lewat bukunya bertajuk Ondel-Ondel Galau. Tak puas sekedar membuat buku, Frances Caitlin pun melahirkan karya lainnya.

Frances Caitlin Tirtaguna konsisten memperkenalkan Kebudayaan Betawi kepada seluruh masyarakat Indonesia dan dunia lewat website atau situs yang akan diserahkan kepada Perkampungan Budaya Betawi (PBB) Setu Babakan.

Kepeduliannya terhadap kebudayaan dan perekonomian masyarakat Betawi, sempat membuat Frances Caitlin mengundang sorotan. Rupanya, bukan tanpa alasan Frances Caitlin berkarya.

Baca Juga: Lewat Ondel-Ondel Galau, Frances Caitlin Berharap Budaya Betawi Tak Kehilangan Jati Diri

“Akan sangat membanggakan warga Jakarta apabila Perkampungan Budaya Betawi bisa menjadi salah satu tujuan wisata utama para turis saat ke ibu kota, dan website resmi ini akan membantu memberikan berbagai informasi tentang budaya asli kota Jakarta beserta peta lokasi untuk mencapai lokasi PBB Setu Babakan,” ungkap Frances.

Rupanya, ide Frances ini muncul saat ia masih menggarap buku Ondel-Ondel Galau. Saat itu, ia tengah melakukan riset yang valid tentang budaya Betawi di media sosial.

Dengan adanya website PBB Setu Babakan ini, siapapun bisa mengakses dengan mudah informasi lengkap tentang Kebudayaan Betawi dan Perkampungan Budaya Betawi. Mulai dari sejarah, profil, fasilitas, rumah adat, permainan, sampai seniman dan tokoh hingga Kuliner Betawi.

“Masih banyak yang bisa digali, diperkenalkan, serta dikembangkan dari budaya Betawi. Begitupun dengan website ini”, tutur Frances.

 

Frances Caitlin berharap, kebudayaan Betawi bisa mendunia, misalnya melihat kesenian Betawi bisa tampil di New York dan Batik Betawi bisa muncul di Paris Fashion Week.

(edh)

BERITA FOTO
+ 6

Foto-Foto Baby Shima Bersama Sule

Baby Shima dan Sule kompak mengacungkan jempol. (Foto: Twitter @babyshimaofficial)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini