nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Setelah MUI, Andre Taulany Juga Meminta Maaf pada PBNU

Rena Pangesti, Jurnalis · Rabu 08 Mei 2019 20:10 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2019 05 08 33 2053194 setelah-mui-andre-taulany-juga-meminta-maaf-pada-pbnu-30mZn3UKGR.jpg Andre Taulany. (Foto: Okezone/Rena Pangesti)

JAKARTA - Penyanyi Andre Taulany diketahui mendatangi kantor Pengurus Besar Nahdatul Ulama (PBNU) di kawasan Kramat Raya, Jakarta Pusat, pada Rabu (8/5/2019). Di sana, dia ditemui oleh Dr. K.H. Said Aqil Siradj, MA, Ketua Besar PBNU.

Pertemuan itu diakui Andre untuk meminta maaf atas ucapannya yang diduga menghina agama Islam. “Saya ingin meminta maaf atas kekhilafan dan kelalaian yang mungkin secara tidak sengaja saya lakukan. Dalam hal ini, candaan saya sudah menyinggung umat Islam. Alhamdulillah, di sini saya diterima dengan baik,” ujarnya.

Baca juga: Ngaku Kerja ke Yama Carlos, Istri Ternyata Nonton Konser Bareng Pria Lain

Di lain pihak, Helmy Faishal Zaini, Sekretaris Jenderal PBNU mengatakan, kunjungan Andre Taulany tersebut hanyalah sebuah bentuk silaturahmi. Sementara untuk permintaan maaf sang pelawak, diklaimnya bukan wewenang PBNU.

“Apa yang disampaikan Pak Aqil adalah dia (Andre Taulany) sebenarnya tidak perlu meminta maaf kepada PBNU. Dia harusnya meminta maaf dan bermunajat kepada Allah SWT,” kata Helmy.

Lebih lanjut, Helmy menambahkan, jika apa yang dilakukan Andre sebenarnya tidak bermaksud untuk menyinggung umat Islam, apalagi melakukan penghinaan agama. “Setiap orang pasti pernah khilaf. Dan apa yang dialami Mas Andre bisa terjadi pada siapapun,” ungkapnya.

Selain meminta maaf, Andre Taulany menjelaskan, pertemuannya dengan Said Aqil Siradj sebagai bentuk Safari Ramadan untuk menimba ilmu agama. “Dalam nasihatnya, beliau bilang agar saya menjadi diri sendiri. Namun, tetap harus mengevaluasi diri, terutama dalam bersikap dan berkata,” ujarnya.

Dengan adanya permasalahan tersebut, Helmy Faishal Zaini berharap, tidak ada lagi pelaporan bahkan umpatan terhadap bapak tiga anak itu ke depannya. “Mengenai pelaporan, saya berharap mereka mencabutnya dan satu sama lain melakukan tabayyun,” papar Helmy.

Sementara Andre, mengaku hanya bisa menunggu permasalahan tersebut menemukan titik terang. “Selama laporan belum dicabut, saya hanya bisa menunggu. Sejauh ini sih belum ada ancaman.”

 

Baca juga: Akhirnya Andre Taulany Berdamai dengan Ustagz Adi Hidayat 

Permasalahan penghinaan yang melibatkan Andre Taulany terjadi pada awal Mei 2019. Kala itu, dia diduga menghina dua ustadz: Abdul Somad dan Adi Hidayat, dengan mencatut nama keduanya untuk menyebut brand sepatu.

Tak lama, dia kembali dituding menghina Nabi Muhammad SAW lewat lawakannya dalam salah satu program talk show di stasiun TV swasta. Sebelum menyambangi PBNU, Andre Taulany telah lebih dahulu meminta maaf kepada Majelis Ulama Indonesia (MUI), pada 4 Mei silam.*

(SIS)

BERITA FOTO
+ 3

Momen Andre Taulany Temui Ustadz Adi Hidayat

Andre Taulany didampingi teman-temanya Arie Untung dan Dimas Seto menemui ustadz Adi Hidayat.

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini