Solena Chaniago Transgender yang Membungkam Cibiran dengan Prestasi

Vania Ika Aldida, Jurnalis · Minggu 31 Maret 2019 08:00 WIB
https: img.okezone.com content 2019 03 30 33 2036927 solena-chaniago-transgender-yang-membungkam-cibiran-dengan-prestasi-jwYzU7hWwB.jpg Solena Chaniago (Foto: Vania/Okezone)

JAKARTA - Model sekaligus pemain film asal Padang, Sumatera Barat, Solena Chaniago, diketahui merupakan seorang transgender. Meski begitu, ia nampak tak malu untuk mengakui hal tersebut, dan justru bangga dengan beberapa prestasi yang ia tuai hingga saat ini.

Kepada Okezone, Solena Chaniago yang kini menetap di Amerika Serikat mengungkap, sejak kecil dirinya sudah merasa bahwa ia adalah seorang wanita. Sayangnya sisi wanita yang ia rasakan tersebut berada dalam tubuh yang salah.

Selama menjalani hidupnya, Solena mengaku berusaha untuk tak berakting seperti seorang wanita, lantaran ia mengetahui akan terjadinya pro dan kontra disekitarnya. Hingga dirinya merasakan stress lantaran dipaksa oleh orangtuanya untuk menikah dengan wanita hingga memiliki seorang anak.

 

Baca Juga: Sukses di Hollywood, Solena Penasaran Akting di Indonesia

"Saya sejak kecil, seinget aku, aku merasa bahwa aku perempuan gitu. Walaupun begitu aku tidak berakting seperti perempuan, karena dari kecil sudah tahu bahwa itu enggak disukai dilingkungan, di keluarga, di masyarakat. Jadi aku berakting yang sampai pada satu titik aku yang depresi, stress, dan tertekan. Saat itu aku setengah dipaksa oleh orangtua untuk menikahi seorang perempuan. Dan aku menikah. Dari situ aku punya anak," ungkap Solena.

Pernikahan Solena Chaniago dan wanita tersebut diketahui tak berlangsung lama. Setelah memilih berpisah, ia pun langsung melarikan diri ke Amerika dan berusaha untuk mencari pekerjaan dari pintu ke pintu.

"Aku melarikan diri ke Amerika. Di sana aku mulai semuanya dari bawah. Dengan modal 500 dollar dikantong, dan aku cari pekerjaan door to door. Enggak kenal siapapun, disana aku enggak kenal orang Indonesia satupun. Orang bule juga enggak kenal. Aku benar-benar door to door ngetuk pintu nyari kerja," paparnya.

Usaha tidak akan pernah mengkhianati hasil. Berbekal dari sifat yang tak pernah menyerah, hingga rela melakukan suatu pekerjaan dengan ikhlas, Solena pun berhasil menjadi seorang hairstylist termahal di New York. Bahkan ia disebut sempat menjadi penata rambut bagi Presiden ke-42 Amerika Serikat, Bill Clinton.

"Karya saya sebagai hairstylist dan master barber salah satu yang termahal di kota New York. Dan saya potong rambut para politisi dan musisi di New York," ucapnya.

Saat ini, Solena mengaku tengah sibuk berada dibelakang layar untuk mengurus usaha properti miliknya. Kesuksesannya bahkan mampu membungkam mulut pihak yang sempat mencibir dirinya lantaran memilih untuk me jadi seorang transgender.

Perusahaan properti di tiga kota besar di Amerika seperti Berlin, New York, dan Amsterdam, diketahui merupakan usaha yang ia pimpin saat ini. Bahkan ia pun mengaku masih menjadi seniman fotografi di Amsterdam.

Di tahun ini, selain fokus terhadap bisnis properti dan fotografi, Solena mengaku juga akan merilis sebuah buku. Bahkan buju tersebut ia tujukan untuk para transgender di seluruh dunia.

"Sekarang saya lagi sibuk dibelakang layar karena saya punya perusahaan properti di Berlin, New York serta kantor di Amsterdam. Jadi sekarang saya sibuk travelling di New York, ngurus anak, dan suami, bisnis di Berlin, dan ke Amstedam untuk mengurus pekerjaan sebagai seniman fotografi," tuturnya.

 

"Untuk goals saya tahun ini, insya Allah ada exhibiton fotografi di Amerika, dan jika sempat saya akan publish buku fotografi saya. Mengenai LGBT, khususnya transgender di seluruh dunia," pungkasnya.

(edh)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini