nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Ria Irawan Bagikan Tips untuk Melawan Kanker

Ady Prawira Riandi, Jurnalis · Kamis 14 Maret 2019 13:47 WIB
https: img.okeinfo.net content 2019 03 14 33 2029877 ria-irawan-bagikan-tips-untuk-melawan-kanker-xkU0VoFT5r.jpg Ria Irawan (Foto: Vania/Okezone)

JAKARTA - Ria Irawan dikenal sebagai salah satu figur publik Indonesia yang berhasil melawan penyakit kanker. Ria sebelumnya pernah didiagnosa mengidap kanker getah bening.

Baca Juga: Ria Irawan Sempat Punya Firasat Jupe Meninggal

Perjuangannya melawan kanker bisa dijadikan inspirasi bagi para penyintas kanker lainnya. Ria sudah menjalani serangkaian proses kemoterapi, radiasi, dan bahkan pengangkatan rahim.

Bagi Ria, hal terpenting yang harus dilakukan penyintas kanker adalah menjaga pikiran agar tidak stres. Lalu apa saja cara yang dilakukannya demi menjaga pikirannya?

Ria Irawan

"Jadi pemaaf, rajin bersabar dan bersyukur. Enggak ada hubungannya sama pantangan makan. Tiga itu aja," kata Ria membagikan tipsnya.

Ria Irawan cukup kesal dengan stigma bahwa penderita kanker sudah dipastikan akan meninggal. Pemikiran negatif seperti itu justru malah menjadi beban pikiran bagi para penderita lainnya.

"Pengobatan kanker juga enggak ada hubungannya sama kematian. Itu kan cuma karena Jupe masuk tv aja sering-sering terus meninggal. Jadi, orang pikir kanker itu mati," ucapnya.

Selama ini masyarakat Indonesia sudah terlalu banyak dicuci otaknya melalui tayangan-tayangan kurang baik di layar televisi. Oleh sebab itu stigma tentang penyintas kanker mati terus berkembang hingga saat ini.

Baca Juga: Ternyata, Ini Alasan Zaskia Gotik Tolak Cinta Nassar

"Secerdas apapun, kalau dia nonton sinetron, pasti enggak bakal berubah. Tetep jeng jeng jeng saya kanker, jeng jeng jeng aakkk mati," tutupnya sembari tertawa.

(LID)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini