nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

'Curi' Logo Ikonik Nirvana, Marc Jacobs Hadapi Tuntutan Hukum

Syifa Rizki Fauziah, Jurnalis · Minggu 30 Desember 2018 22:30 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2018 12 30 205 1997866 curi-logo-ikonik-nirvana-marc-jacobs-hadapi-tuntutan-hukum-ST6EoN9qtU.jpg Nirvana. (Foto: Nirvana.com)

LOS ANGELES - Band Nirvana menyeret Marc Jacobs, brand fesyen ternama asal Amerika Serikat, ke meja hijau. Nirvana mengklaim, brand tersebut mencuri desain wajah smiley yang menjadi logo ikonik mereka.

Mengutip TMZ, Minggu (30/12/2018), logo yang dimaksud adalah desain wajah smiley berwarna kuning dengan tekstur bergelombang yang menjadi ciri khas Nirvana sejak tahun 1992. Perbedaannya, pada koleksi ‘Bootleg Redux Grunge’ yang dirilis Marc Jacobs pada November 2018, tanda 'X’ yang menjadi mata pada logo itu, diganti dengan huruf ‘M’ dan ‘J’.

Baca juga: Jurnal Kurt Cobain Dipajang di Museum, sang Anak Enggan Membaca

Adapun produk 'Bootleg Redux Grunge' yang diaplikasikan logo itu meliputi kaus, sweater, hingga kaus kaki. Dalam dokumen tuntutannya, selain persoalan logo Nirvana juga mempermasalahkan penggunaan nama pada koleksi brand tersebut.

Nirvana mengklaim sebagai pencipta aliran musik grunge yang membuat Marc Jacobs harusnya meminta izin terlebih dahulu sebelum menggunakan nama Bootleg Redux Grunge sebagai koleksi mereka.

Mengutip Loudwire, kaus koleksi Bootleg Redux Grunge dijual secara daring dengan harga USD115 atau setara Rp1,67 juta. Dalam penjelasan produk tersebut, Marc Jacobs menuliskan: “Dengan kemampuan melewati tren dan batasan, Marc Jacobs menciptakan karya dengan ketidakpastian yang dapat diprediksi oleh desainer.”

Baca juga: Liburan Bareng, Mantan Istri Tom Cruise Cium Mesra Aktor Spider-Man

“Kaus berbahan katun berwarna hitam dan kuning ini memiliki leher bulat dengan lengan pendek, dan motif grafis (smiley). Padukan kaus ini dengan jeans atau celana panjang untuk tampilan stylish yang simpel,” tulis Marc Jacobs.

Hingga berita ini diturunkan belum ada tanggapan dari pihak Marc Jacobs terkait tuntutan dari band Nirvana itu.*

(SIS)

BERITA FOTO
+ 4

Penampilan Alice Cooper Bersama Hollywood Vampires pada Festival Hellfest

Alice Cooper tampil bersama Hollywood Vampires pada Festival Music Hellfest di Clisson, Prancis, belum lama ini. (REUTERS/Stephane Mahe)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini