nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Kisah Pilu Freddie Mercury yang Meninggal karena AIDS

Hana Futari, Jurnalis · Kamis 06 Desember 2018 16:51 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2018 12 06 33 1987707 kisah-pilu-freddie-mercury-yang-meninggal-karena-aids-Td1qOFr6KW.jpg Freddie Mercury

LOS ANGELES – Vokalis grup musik legendaris Queen, Freddie Mercury meninggal dunia di usia 45 tahun pada 24 November 1991. Berdasarkan pengumuman resmi, Freddie tutup usia lantaran penyakit bronkopneumonia sebagai dampak dari AIDS.

Baca Juga: Trailer Baru Bohemian Rhapsody Ungkap Kejeniusan Bermusik Freddie Mercury

Jauh sebelum mengakui bahwa dirinya terkena AIDS, kabar mengenai Freddie sebagai penyuka sesama jenis pun menyeruak. Bahkan jalinan cintanya yang telah dijalani bersama Mary Austine selama bertahun-tahun dikabarkan kandas lantaran hal tersebut.

Isu perselingkuhan Freddie dengan seorang pria yang berprofesi sebagai eksekutif rekaman Amerika dikabarkan menjadi alasannya.

Tak hanya itu, Freddie juga disebut-sebut menjalin hubungan khusus dengan laki-laki Jerman bernama Winfried Kirchberger, lalu kemudian dengan seorang penata rambut bernama Jim Hutton. Hutton, yang positif HIV pada tahun 1990, tinggal bersama Freddie selama enam tahun terakhir hidupnya hingga sang musisi meninggal.

Pada Oktober 1986, Freddie dikabarkan melakukan uji sampel darah untuk HIV. Namun, Freddie membantah jika dirinya terjangkit penyakit menular seksual tersebut.

Kondisi tubuh Freddie yang tampak semakin kurus dan melemah kala itu seakan memperkuat isu dirinya terjangkit penyakit yang diakibatkan oleh virus HIV tersebut. Akhirnya pada 23 November 1991, Freddie pun mengungkapkan kondisi yang terjadi pada dirinya.

“Saya ingin menegaskan bahwa saya telah diuji positif HIV dan AIDS,” ujar Mercury dalam siaran pers.

Ia pun mengungkapkan alasan menutupi kondisinya tersebut dalam beberapa tahun belakangan. Pria asal Tanzania itu merasa perlu menjaga informasi pribadi tersebut untuk melindungi orang-orang di sekitarnya.

Rumah Freddie Mercury

Kurang lebih 24 jam setelah memberikan pernyataan tersebut, Freddie mengembuskan napas terakhirnya di kediamannya di wilayah Kensington.

Lima tahun pasca-kematian Freddie, sebuah patung di Montreux, Swiss diresmikan sebagai penghormatan pada vokalis Queen itu.

Freddie Mercury menjadi rock star pertama yang meninggal akibat AIDS.

Baca Juga: Syuting di Kantor Ardi Bakrie, Ternyata Nia Ramadhani Tak Dikenal oleh Karyawan

Oleh sebab itu, kematian Freddie menjadi hari penting dalam sejarah AIDS. Pada bulan April 1992, anggota yang tersisa dari Queen mendirikan The Mercury Phoenix Trust dan organisasi The Freddie Mercury Tribute Concert for AIDS Awarness untuk merayakan kehidupan dan warisan Mercury dan mengumpulkan uang untuk penelitian AIDS, yang berlangsung pada 20 April 1992. (LID)

(kem)

BERITA FOTO
+ 4

Cantik Berbalut Gaun Pink, Georgia Fowler di AmfAR Cinema Against AIDS 2018

Peragawati asal Selandia Baru berusia 25 tahun ini tampil cantik berbalut gaun pink yang dikenakannya.

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini