nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Kisah Aa Gym Ditinggal Penggemar Lantaran Poligami

Hana Futari, Jurnalis · Rabu 21 November 2018 12:53 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2018 11 21 33 1980591 kisah-aa-gym-ditinggal-penggemar-lantaran-poligami-zYfmmqRyeb.jpg Foto: Dok Okezone

JAKARTA – Ceramah yang disampaikan oleh KH Abdullah Gymnastiar atau yang akrab disapa Aa Gym menjadi daya tarik tersendiri bagi kalangan ibu-ibu. Cara penyampaian menggunakan bahasa sehari-hari serta isi ceramah yang memberikan arahan tentang kehidupan rumah tangga sakinah menjadikan sosoknya selalu ditunggu.

Aa Gym menikah untuk pertama kali dengan Ninih pada 1988. Dari pernikahan tersebut membuahkan 7 orang buah hati yakni Ghaida, Gheriyya, Ghaitsa, Ghefira, Ghazi, Ghina, dan Ghaza.

Akan tetapi, rasa simpati ibu-ibu terhadap sosok Aa Gym memudar ketika dirinya dikabarkan berpoligami dengan seorang janda anak tiga bernama Alfarini Eridani atau dikenal dengan sebutan Teh Rini pada 2006 lalu. Padahal, Aa Gym telah menikah dengan seorang wanita bernama Ninih Muthmainnah.

(Baca juga: Penyebab Perceraian Gading & Gisel, Ini Kata Gibran Marten)

Kabar tersebut pun membuat penggemarnya kecewa dan menyuarakan perasaannya pada tulisan di berbagai media seperti blog, surat pembaca serta menelepon langsung di sesi interaktif acara di televisi. Selain itu, kabar poligami tersebut berdampak pada berkurangnya jamaah yang hadir ke Darut Tauhid, pesentren binaan Aa Gym.

Di akhir tahun 2006, Aa Gym mengadakan jumpa pers terkait kabar poligami yang banyak dibicarakan orang. Aa Gym membernarkan jika dirinya telah menikahi janda beranak 3 yang sebelumnya berprofesi sebagai model. Penceramah berdarah Sunda itu mengatakan bahwa keputusan menikah untuk kedua kali ia ambil lantaran hal tersebut jalan keluar dalam kondisi darurat.

(Baca juga: Kunci Hidup Bahagia ala Aa Gym)

Jumpa pers tersebut berbuntut pada pemboikotan Aa Gym oleh publik melalui SMS. Penggemar Aa Gym kembali mengungkit isi ceramahnya yang tak menganjurkan untuk berpoligami.

Tak hanya pemboikotan, pengakuan Aa Gym terkait poligami tersebut pun membuat pesantret binaannya sepi saat acara ta’lim. Bukan hanya itu, beberapa sektor ekonomi Aa Gym pun mendadak merosot.

Pada 2008, muncul kabar keretakan rumah tangga Aa Gym dan istri pertamanya, Ninih Muthmainnah. Sempat mengelak kabar tersebut, beberapa tahun kemudian, Aa Gym menggugat cerai sang istri melalui Pengadilan Agama. Permohonan cerai pun dikabulkan Majelis Hakim pada Juni 2011.

Tak sampai satu tahun berpisah, Aa Gym kembali rujuk dengan Ninih tepatnya pada Maret 2012. Resepsi pernikahan mereka dilangsungkan di kediaman Ninih Muthmainnah di kawasan Bandung, Jawa Barat.

(sus)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini