nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Idol K-Pop yang Pernah Berbicara tentang Kesehatan Mental

Sasya Semitari P, Jurnalis · Minggu 14 Oktober 2018 06:03 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2018 10 13 33 1963555 idol-k-pop-yang-pernah-berbicara-tentang-kesehatan-mental-yOOeFD9uJ6.jpg Suga BTS (Foto: Soompi)

SEOUL – Pada 10 Oktober 2018, menjadi hari kesehatan mental se-dunia. Ternyata, kesehatan mental ini menjadi salah satu topik yang tidak banyak dibahas di ranah K-Pop. Terkadang, fans dan anti-fans melupakan bahwa dengan segala ketenaran, kekayaan, keberuntungan, dan lainnya, idol K-Pop tetaplah manusia biasa.

Di balik kehidupan mereka yang terlihat mewah, banyak idol K-Pop yang mengalami masa-masa sulit dan semuanya memengaruhi kesehatan mental mereka. Melansir Allkpop, berikut beberapa idol K-Pop yang pernah berbicara tentang kesehatan mental yang mereka alami.

(Baca Juga: Dikritik Lewat Ayat Al-Kitab, Ini Kata Calon Istri Denny Sumargo)

(Baca Juga: Pengakuan Mengejutkan Richard Kyle pada Jessica Iskandar setelah 5 Bulan Pacaran)


1. Suga BTS

 Suga BTS

Salah satu rapper berbakat dan terkenal, Suga pernah mengungkapkan tentang perjuangannya melawan depresi yang ia alami, pada 2014 lalu. Dia berbicara tentang masa-masa sulit dan perjuangannya dengan imej-nya menjadi sosok yang cukup baik sebagai seorang idol.

Kesehatan mental yang ia alami ini pun pernah dibahas dalam mixtape-nya, Agust D. Dalam lagu itu, dia membahas beberapa masalah kesehatan mental seperti depresi, OCD, dan kecemasan sosial. Syukur, pada akhirnya Suga telah mampu mendapatkan bantuan professional yang sangat bagus untuknya. Sehingga, dirinya bisa sedikit demi sedikit melawan depresi yang ia alami selama ini.

2. G-Dragon Bigbang

 G-Dragon

Nama ‘G-Dragon’ memiliki nilai brand yang sangat besar. Sebagai seorang komposer, penulis lagu, produser, dan salah satu artis paling terkenal, G-Dragon memiliki segalanya. Mulai dari ketenaran, keberuntungan, kekayaan, dan cinta di seluruh dunia. Tapi, bukan berarti hidupnya selalu berjalan mulus dan mudah.

Setelah skandal plagiat lagu Heartbreaker-nya, G-Dragon menyatakan bahwa dia merasa seperti seorang kriminal. Selama masa-masa sulit itu, ia mengurung diri dari teman-teman dan keluarganya. Dirinya hidup dalam isolasi dan depresi.

Akhirnya, pada tahun 2017, melalui album solonya ‘Kwon Ji Yong’, dia ingin menggali lebih jauh tentang identitasnya sebagai seorang selebriti dan menjadi dirinya sendiri bersama dengan harapan yang dibutuhkan pada kesehatan mentalnya. Bisa dikatakan, album tersebut menjadi salah satu ‘obat’ untuk kesembuhan kesehatan mentalnya.

3. Kai EXO

 Kai EXO

Dalam sebuah interview bersama Dazed Korea, pewawancara menyatakan bahwa wajah Kai terlihat seperti adanya aura kesepian. Lalu, Kai menjawab, “Kepribadian saya cenderung ceria, tapi saya pikir ada bagian dari diri saya yang menarik kepribadian ceria saya itu. Saya suka sendirian dan saya cenderung banyak menangis.”

“Saya juga tidak punya teman. Sesekali, saya akan merasa depresi dan putus asa. Tetapi, pada saat-saat itu, saya akan hanya tinggal berdiam diri di rumah. Saya tidak berusaha untuk mengabaikan atau mencoba untuk melarikan diri dari perasaan dan emosi-emosi ini. Saya akan berusaha melihatnya (depresi) langsung di mata, menangisi masalah saya agar permasalahan itu pergi, dan jauhkan masalah itu semua karena itu bukan sesuatu yang memalukan,” imbuhnya.

Kai merupakan salah satu idol yang tidak malu dalam membicarakan masalah depresi yang dialaminya. Dan dia terlihat jauh lebih baik dan bahagia sekarang.

4. Heechul Super Junior

 Heechul

Member Super Junior yang satu ini sangat terkenal dengan guyonan dan humornya yang banyak menghibur orang. Tapi, siapa sangka, ternyata di balik itu semua, Heechul memiliki bagian dari hidupnya di mana ia merasakan depresi dan rasa sakit yang mendalam.

Kejadian ini terjadi ketika teman dekatnya, Hankyung atau Hangeng meninggalkan Super Junior. Saat itu, Heechul berputar dalam siklus depresi, menutup diri dari teman-temannya selama lebih dari 3 bulan. Syukurlah, dia dapat menemukan cinta dan dukungan dari para member Super Junior untuk bergerak maju dan menyembuhkannya dari rasa sakit yang ia alami.

5. IU

 IU

Penyanyi yang satu ini juga memiliki segalanya, dari ketenaran, keberuntungan, dan cinta yang besar dari banyak orang. Namun, bukan berarti dirinya tidak memiliki dan mengalami masa-masa sulit di hidupnya sebagai seorang penyanyi terkenal.

Dalam salah satu episode Healing Camp, IU menceritakan bahwa dia dulu sering merasa hampa dan cemas dengan kemampuannya sebagai penyanyi. Untuk mengisi rasa kekosongan di hatinya itu, dia ‘melarikan diri’ dengan makan banyak hingga muntah. Hal itu membuat dirinya menderita bulimia selama bertahun-tahun hingga akhirnya dia bisa mendapat bantuan.

1
2
BERITA FOTO
+ 6

WOW! BTS Jadi Boygroup Korea Selatan Pertama yang Tampil di American Music Awards

Boygroup Beyond The Scene (BTS) hadir pada acara American Music Awards 2017 di Los Angeles, California, Amerika Serikat, Minggu (19/11/2017) waktu setempat. (REUTERS/Mario Anzuoni)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini