Ilustrator Komik Batman Meninggal Dunia pada Usia 58

Muhammad Alvindra Putra, Jurnalis · Kamis 27 September 2018 16:21 WIB
https: img.okezone.com content 2018 09 27 33 1956416 ilustrator-komik-batman-meninggal-dunia-pada-usia-58-f7p4A14DcP.jpg (Kiri) Sketsa wajah Norm Breyfogle dan sampul komik Batman karyanya. (kanan) (Foto: Michael Netzer/DC Comic)

MICHIGAN - Penggemar komik kembali berduka. Pasalnya, ilustrator komik Batman dan co-creator Ultraverse, Norman Keith Breyfogle, meninggal dunia pada usia 58 tahun. Melansir Comicbook, Breyfogle diketahui meninggal dunia di Houghton, Michigan, Amerika Serikat, pada 24 September 2018.

Tak diketahui apa penyebab kematian sang seniman. Namun pada Desember 2014, dia diketahui terserang stroke yang menyebabkan kelumpuhan pada sisi kiri tubuhnya. Karena Breyfogle menggambar dengan tangan kirinya, maka ia praktis tak lagi bisa bekerja.

Baca juga: Yuri 'SNSD' Tampil Seksi dalam Foto Teaser Album 'The First Scene'

Penggemar sang komikus dikabarkan sempat menggalang dana untuk membantu tagihan rumah sakitnya. Kala itu, fans berhasil mengumpulkan USD98.000 (Rp1,4 miliar). Sementara total tagihan rumah sakitnya mencapai USD200.000 (Rp2,9 miliar).

Mengetahui kondisi tersebut, DC memutuskan untuk mencetak ulang karya-karya Breyfogle. Salah satunya adalah Legends of the Dark Knight: Norm Breyfogle yang dirilis ulang dengan cetakan sampul keras.

Breyfogle memulai kariernya sebagai komikus saat masih berusia 16 tahun lewat komik Tech-Team. Setahun kemudian, dia mengirimkan desain kostum karakter Robin kepada DC Comics. Menariknya, karya tersebut dirilis DC dalam Batman Family #13.

Namun karier profesional Breyfogle sebagai komikus dimulai pada 1984, ketika dia membuat sketsa enam halaman untuk DC Comics. Setahun kemudian, dia bergabung dengan Star Reach, agensi pimpinan Mike Friedrich.

Breyfogle menggambar Batman selama 6 tahun, mulai dari 1987 hingga 1993. Kemudian sepanjang 1990-1992, dia mulai mengerjakan Robin dan menggambar Batman: Shadow of the Bat pada 1992-1993.

Sempat mengerjakan proyek lain, Breyfogle kembali ke DC Comics dengan menggarap Batman-The ‘90s yang ditulis oleh Alan Grant pada Oktober 2011. Ia kemudian berkontribusi dalam komik seri Batman Beyond Unlimited yang dirilis pada 2012–2013.

Baca juga: Foto Avengers 4 Kembali Bocor, Ini Tampilan Baru Ronin & Captain Marvel

Tak hanya itu, Breyfogle adalah komikus yang membuat sederet karakter superhero DC: Mr. Zsasz, Anarky, Jeremiah Arkham, Amygdala, hingga Ratcatcher. Selain dengan DC, Ia juga menggarap Ultraverse untuk Marvel Comics.

Selain itu, dia juga turut menggambar komik-komik seperti Avengers, Black Panther, Hellcat, Marvel Fanfare, dan Moon Knight. Karya ciamik Breyfogle lainnya, termasuk buku anak-anak, seperti Archie Comics, First Comics, dan Image Comics.

(SIS)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini