nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

4 Pemeran Joker dari Masa ke Masa, Siapa Paling Keren?

Muhammad Alvindra Putra, Jurnalis · Senin 17 September 2018 19:06 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2018 09 17 206 1951732 4-pemeran-joker-dari-masa-ke-masa-siapa-paling-keren-fnUpdknjrq.jpg Jack Nicholson (Foto: Ist)

LOS ANGELES - Film Joker baru akan dirilis pada Oktober 2019. Tokoh badut jahat yang menjadi musuh bebuyutan dari superhero Batman ini telah beberapa kali dirombak penampilan dan pemerannya di layar lebar. Di film garapan Todd Phillips ini, Joaquin Phoenix telah ditunjuk untuk memerankan Joker. Namun, banyak actor-aktor ternama yang telah memerankan tokoh Joker ini. Siapa saja ya?

Berikut empat pemeran Joker dari berbagai film yang telah dirangkum Okezone:

1. Cesar Romero

Cesar Romero

Cesar Romero adalah orang pertama yang memerankan Joker di acara televisi Batman yang pertama kali siaran pada 12 Januari 1966. Di sini, Joker digambarkan sebagai pencuri yang memiliki cara tertawa yang khas, dan selalu meninggalkan petunjuk berupa lelucon di setiap kejahatannya. Dalam memainkan perannya sebagai Joker, Cesar Romero menolak untuk mencukur kumisnya, oleh karena itu, make-up Joker pada acara ini adalah cat wajah yang dioleskan di seluruh mukanya.

Cesar Romero kembali memainkan perannya dalam film karya Leslie H. Martinson, yaitu Batman: The Movie pada tahun 1966. Dalam film ini, Joker merupakan salah satu anggota dari sekumpulan penjahat Gotham yang terkenal, yaitu Penguin, Riddler, dan Catwoman.

2. Jack Nicholson

Jack Nicholson

Jack Nicholson memainkan peran sebagai Joker pada film Batman yang disutradarai oleh Tim Burton pada tahun 1989. Di dalam film ini, Jack Napier adalah seorang tangan kanan dari boss mafia yang bernama Carl Grissom sebelum ia berubah mejadi Joker. Saat terjadinya konfrontasi dengan Batman di sebuah pabrik kimia, wajah Napier terluka karena pantulan peluru, yang menyebabkan ia masuk ke dalam tangki yang berisi limbah kimia, yang membuat rambutnya menjadi warna hijau, dan kulitnya berubah menjadi warna putih.

Nicholson dikabarkan akan memerankan perannya kembali di film Batman: Unchained. Namun, film ini dibatalkan dikarenakan film sebelumnya, yaitu Batman & Robin tidak sukses.

3. Heath Ledger

Heath Ledger

Pada tahun 2008, sutradara Christopher Nolan menunjuk Heath Ledger untuk memerankan Joker dalam trilogi The Dark Knight. Tidak seperti Jack Nicholson atau Cesar Romero, Joker versi Heath Ledger adalah Joker yang mempunyai sifat yang anarkis, dan lebih ‘gelap.’ Di film ini, Joker kembali dengan palet warna yang sudah menjadi ciri khasnya, juga wajahnya dipenuhi dengan cat wajah yang dibuat untuk menutupi bekas luka yang ada di mulut si Joker.

Peran Heath Ledger sebagai Joker dianggap sebagai penampilan terbaik dalam sejarah kariernya. Saat film The Dark Knight ini rilis pada Juli 2008, enam bulan setelah Heath Ledger meninggal dunia dikarenakan overdosis, nya menimbulkan sensasi dan menerima banyak sekali pujian yang membuat ia mendapatkan piala Academy Awards (Oscar) dalam kategori Best Supporting Actor.

4. Jared Leto

Jared Leto

Jared Leto memainkan peran Joker dalam DC Extended Universe. Pada awalnya, Joker akan tampil untuk pertama kalinya di film Batman V Superman: Dawn of Justice garapan Zack Snyder ini. Namun ide ini tidak terealisasikan, dan hanya direferensikan saja di film.

Debut pertama Jared Leto sebagai Joker di film Suicide Squad garapan sutradara David Ayer pada tahun 2016. Para kritikus film memuji penampilan Jared Leto dalam film ini, walaupun waktu tayang tokoh ini sangat sedikit. Meskipun banyak sekali adegan-adegan yang terdapat Joker dipotong saat rilis di teater, beberapa potongan rekaman yang tidak terpakai bisa kita tonton di versi extended cut-nya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini