nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

GaraGaraMusic, Wadah Musisi Indie Belajar Industri Musik

Revi C. Rantung, Jurnalis · Selasa 04 September 2018 02:01 WIB
https: img.okeinfo.net content 2018 09 04 205 1945560 garagaramusic-wadah-musisi-indie-belajar-industri-musik-C2EDqjeHuH.jpg GaraGaraMusic (Foto: Revi/Okezone)

JAKARTA - Mencuatnya nama musisi-musisi indie semakin menambah warna musik Tanah Air. Sekumpulan musisi-musisi indie, mulai dari grup hingga solois, mulai menunjukan taringnya. Bahkan keberlangsungan para musisi indie bisa dikatakan menjanjikan untuk masa sekarang.

Baca Juga: Dari Mother hingga Pretty Noona, Ini Daftar Lengkap Pemenang SDA 2018

Sayangnya, musisi-musisi ini tidak mengerti bagaimana musik hasil karya dapat dikenal publik Tanah Air. Oleh karenanya untuk meluruskan hal tersebut, muncullah sebuah wadah musik yang digawangi oleh tiga orang yakni Fia, Gabriel Mayo dan Nia Samantha dengan nama GaraGaraMusic (GGM).

GaraGaraMusic ini menjadi wadah para musisi-musisi indie ini untuk mengetahui lebih dalam mengenai industri musik indie. Di antaranya GaraGaraMusic mengenalkan proses pada musisi indie, mulai dari segi kreatif, produksi dan promosi.

“GGM dengan tema berbeda dan narsum berbeda. Kemarin kita kedatangan Sandy Canester, Bonita, Nonaria, Adrian Yunan, Menk Float. Pokoknya sekitar musik. Kita pernah diskusi sampai tiga jam," ucap Fia selaku Inisiator dan Konseptor GaraGaraMusik belum lama ini.

Nia Samantha yang juga menjadi konseptor GaraGaraMusic menambahkan bahwa para musisi indie harus tahu tujuan mereka bermusik setelah mengeluarkan karya.

"Terus ada tentang bagaimana sih tur dengan biaya rendah. Bukannya enggak mungkin swadaya tur ke luar kota. Juga tentang hak cipta. Itu penting, walaupun musisi indie, tapi punya hak," tambah Nia Samantha.

Walhasil dari serangkain acara yang telah dijalankan, Fia cs menghadirkan 12 musisi yang terpilih dan memamerkan karya mereka. Karya itu pun dipamerkan dengan manggung pada sebuah acara yang bertajuk Release Day GaraGaraMusic.

Seain itu, dengan terpilihnya 12 musisi indie ini, bukan tidak mungkin akan terus berlanjut dengan pembuatan album secara fisik. Mengingat bila seorang musisi mempunyai album fisik adalah hal yang wajib.

Baca Juga: Hayoung 'Apink' Akui Takut Akan Rumor

"Kami pingin teman-teman musisi indie mereka buka sekedar berkarya, mereka ngerti industrinya, agar bisa terdengar luas," tutup Fia.

(LID)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini