Share

Movie Review: Mari Menyanyi dan Bersenang-senang Lagi Bersama Mamma Mia!

Ady Prawira Riandi, Jurnalis · Jum'at 20 Juli 2018 08:00 WIB
https: img.okezone.com content 2018 07 20 206 1924841 movie-review-mari-menyanyi-dan-bersenang-senang-lagi-bersama-mamma-mia-OaOUCA4USQ.JPG Mamma Mia

JAKARTA – Satu dekade berlalu, Universal Pictures akhirnya merilis sekuel dari film drama komedi musikalnya yang berjudul Mamma Mia! Kembali mengandalkan lagu-lagu soundtrack untuk perjalanan kisah Donna (Meryl Streep), Mamma Mia! Here We Go Again menjadi sebuah suguhan musikal apik untuk menghabiskan akhir pekan.

Jika pada sebelumnya Sophie (Amanda Seyfried) mencari jati diri siapa ayah sejatinya sebelum menikah dengan Sky (Dominic Cooper), pada perjalanan kali ini Sophie dikisahkan ingin meneruskan cita-cita Donna mendirikan hotel di pulau terpencil di Yunani tempat di mana ia tinggal sebagai salah satu destinasi wisata besar. Sebelum melakukan upacara pembukaan, Sophie pun kembali harus mengirimkan surat kepada orang-orang terdekatnya.

 

Sutradara Ol Parker mengajak para penonton bernostalgia dengan Mamma Mia! melalui alur maju-mundur yang diterapkannya di dalam film ini. Selain mengisahkan kehidupan Sophie di masa sekarang, cerita pun kerap diputar ke belakang di mana Donna muda (Lilly James) bertemu dengan tiga ayah Sophie yang tak lain adalah Sam (Pierce Brosnan), Bill (Stellan Skarsgard), dan Harry (Colin Firth). Ketiga karakter laki-laki ini juga digambarkan lebih mudanya lewat aksi Jeremy Irvine, Josh Dylan, dan Hugh Skinner.

Kunci dari cerita film sekuel ini tentu berada pada buku diary berwarna pink yang pernah ditemukan oleh Sophie pada film pertama. Buku tersebut mengungkap bagaimana Donna bertemu dengan ketiga pria itu meski pada akhirnya tidak satu pun dari mereka menetap bersamanya. Ol pun mencoba menerjemahkan buku tersebut dengan gambar yang sebelumnya hanya ada di fantasi para penonton Mamma Mia! tahun 2008.

Pujian sepatutnya diberikan kepada Lilly James yang berperan sebagai Donna muda menggantikan Meryl Streep. Tak hanya sukses menggambarkan bagaimana semangat hidup Donna muda, Lilly juga bisa bernyanyi dan menari dengan sangat baik di film ini. Karakternya cukup hidup meski lagu-lagu yang diputar di film kedua ini lebih banyak bercerita tentang percintaan.

Berbicara tentang masa muda Donna, tentunya penonton juga akan diajak berkenalan dengan dua sahabat karibnya, Tanya (Christine Baranski) dan Rosie (Julie Walters). Dua sobat Donna ini diperankan oleh Jessica Keena Wynn dan Alexa Davis dalam versi mudanya. Bagaikan trio Meryl, Christine dan Julie, chemistry Lilly bersama Jessica dan Alexa pun terbilang sangat solid. Pemilihan cast yang baik ini membuat Mamma Mia! Here We Go Again menjadi satu tingkat di atas film sebelumnya.

Baca Juga: Isyana hingga Justin Bieber, 7 Artis Ini Pernah Jatuh di Atas Panggung

Rasa nostalgia benar-benar terasa ketika belasan lagu yang menemani film ini tidak banyak yang berubah dari film sebelumnya. Lagu Mamma Mia dan Dancing Queen milik ABBA tetap menjadi andalan dengan nuansa kenangan betapa menyenangkannya menonton Mamma Mia! satu dekade lalu. Kendati demikian, ada juga lagu-lagu lain seperti My Love, My Life atau The Day Before You Came yang bisa membawa penonton dalam kesedihan mendalam ketika visual di layar lebar menampilkan betapa berat hidup Donna muda.

Kesan sebagai sebuah film menyenangkan memang sudah sangat pas untuk disematkan pada Mamma Mia! Here We Go Again. Melihat bagaimana para aktor lawas seperti Meryl, Pierce, Stellan, Colin, Christine, atau Julie menyanyi dan menari bersama dengan penuh semangat adalah sebuah pemandangan tak terlupakan. Mereka memang sudah tidak seenrjik seperti sepuluh tahun yang lalu, namun melihat mereka tetap kompak tentunya menjadi satu nilai lebih ketika menyaksikan film ini di bioskop.

 

Keunggulan lain dari film kedua Mamma Mia! adalah bagaimana sutradara Ol Parker menampilkan gambar dan sinematografi indah dari Yunani. Dengan tone warna yang cerah, siapa yang tak akan jatuh cinta pada musim panas Yunani dengan iringan lagu-lagu gembira dan warna-warna menyala di dalamnya?

Secara keseluruhan, Okezone memberikan nilai 6,9 untuk film Mamma Mia! Here We Go Again. Film ini akan menjadi salah satu alternatif pilihan tepat jika Anda hendak pergi ke bioskop untuk bersenang-senang dan melupakan kepenatan aktivitas sehari-hari. Mamma Mia! Here We Go Again akan mulai tayang serentak di bioskop Indonesia mulai tanggal 20 Juli 2018.

(ade)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini