nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Ayu Putri Sundari Akui Pernah Latihan Beatbox Sampai Tenggorokan Sakit

Chyntia Sami Bhayangkara, Jurnalis · Selasa 17 Juli 2018 09:30 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2018 07 17 205 1923241 ayu-putri-sundari-akui-pernah-latihan-beatbox-sampai-tenggorokan-sakit-Q79igJLdNZ.jpg Ayu Idol (Foto: Okezone)

JAKARTA – Ayu Putri Sundari jebolan ajang Indonesian Idol 2018 memang dikenal sebagai artis multi talenta. Tak hanya memiliki suara merdu, Ayu juga jago memainkan alat musik gitar hingga main beatbox.

Berbagai keahlian yang dimilikinya itu pun menjadi nilai tambah tersendiri bagi Ayu. Meski demikian, Ayu mengaku kini sudah tak lagi mendalami beatbox.

Pasalnya, dara asal Yogyakarta itu pernah mengalami insiden tenggorokannya terasa sangat sakit. Bahkan, ia sempat khawatir saat disebut pita suaranya bisa rusak lantaran beatbox.

“Memang ada beberapa teknik (beatbox) kalau kita dalami lagi itu bisa merusak pita suara. Jadi aku bilang aku mau nyanyi, sempet coba teknik itu terus ngerasa sakit, langsung sakit aja pokoknya. Mulai dari situ aku stop, jadi cuma ngulik-ngulik basic-nya aja,” ujar Ayu, Senin (16/7/2018).

Sejak insiden itu, Ayu pun memutuskan untuk tidak lagi memperdalam belajar menghasilkan bunyi-bunyi ritmis dari mulut. Ia lebih fokus menjaga pita suaranya agar tetap menghasilkan suara yang merdu dan khas.

Baca Juga: Galau dan Hapus Foto Suami, Pernikahan Stevianne Agnecya dalam Masalah?

Seni beatbox memang diakui oleh Ayu sangat unik. Hal itulah yang membuatnya tertarik mendalami seni itu. Keahlian beatbox yang ia miliki pun berawal dari keisengannya. Saat duduk dibangu Sekolah Menengah Pertama, Ayu pernah melihat komunitas beatbox manggung di sebuah acara di mall. Ayu akhirnya tertarik dan sering mengikuti kegiatan komunitas itu.

“Pertama kali beatbox kelas 2 SMP. Belajar beatbox itu sejak aku ikut kominitas dan sisanya belajar sendiri. Tiap minggu selalu kumpul, belajar basic-nya, terus kita harus nulis, terus nanti suruh freestyle-freestyle, jadinya bisa,” ungkap Ayu.

Meskipun kini tak lagi mendalami teknik khusus dalam beatbox, Ayu kerap kali menunjukkan bakatnya dalam beatbox saat sedang manggung dihadapan para penggemarnya. Ayu tampak cukup lihai dalam mengeluarkan setiap bunyi-bunyi ritmis menyerupai ketukan drum dan tiruan alat musik lainnya.

Ayu sendiri memulai awal karier di dunia musik dengan mengikuti ajang Indonesian Idol 2018. Perjalanannya terhenti di Top 4 Indonesian Idol, Ayu bukanlah finalis yang memiliki kemampuan biasa saat berada di atas panggung. Selain kritik yang membangun, pujian juga kerap didapatkan Ayu dari para juri termasuk standing ovation di beberapa penampilannya.

(ade)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini