Lahirkan Banyak Artis Besar, Ini 3 Agensi Terbesar di Korea Selatan

Chyntia Sami Bhayangkara, Jurnalis · Kamis 12 Juli 2018 11:31 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2018 07 12 205 1921299 lahirkan-banyak-artis-besar-ini-3-agensi-terbesar-di-korea-selatan-JaAC3DzChT.jpg SM, YG dan JYP (Foto: Kpopchart)

SEOUL – Sebelum memulai debut, seorang artis di Korea Selatan harus menjalani training selama beberapa lama di sebuah agensi yang menaungi mereka. Melalui agensi itulah, para artis akan dibina dan dilatih sesuai dengan kemampuan mereka sebelum diorbitkan menjadi artis besar.

Di Korea Selatan sendiri sedikitnya ada tiga agensi besar yang sukses membina sejumlah artis besar yang terkenal hingga ke seluruh dunia. Bahkan, saking populernya banyak yang berlomba-lomba ingin masuk dalam agensi besar ini.

Penasaran agensi apa saja yang masuk tiga terbesar di Korea Selatan? Yuk kita simak ulasannya berikut, siapa tahu ada idolamu yang bernaung di agensi ini.

(Baca Juga: Jawaban Prilly Latuconsina saat Ditanya Soal Penghasilan)

(Baca Juga: BTS Makin Tenar, John Cena Tawarkan Diri Jadi Bodyguard)

1. SM Eentertainment

SM Entertainment

SM Entertainment didirikan oleh Lee Soo Man pada 1995. Sejak awal berdiri, SM Entertainment telah banyak melahirkan artis yang terkenal hingga mancanegara. Bahkan, sejarah grup K-Pop pertama di Korea Selatan pun lahir dari agensi ini. Boy band itu adalah H.O.T yang lahir pada tahun pertama SM Entertainment berdiri, yakni 1996.

Meski hanya bertahan dalam wakt singkat, yakni 5 tahun, H.O.T menjadi salah satu legenda musik K-Pop yang mampu menjual 1 juta kopi album, meskipun saat itu kondisi perekonomian Korea sedang tidak baik. Selain, H.O.T, sederetan artis kenamaan juga lahir dari SM Entertainment, seperti Super Junior, SNSD, TVXQ, EXO, Red Velvet, F(x) dan NCT.

Tak hanya melahirkan artis besar, SM Entertainment juga mengembangkan bisnis di bebagai bidang, seperti pembuatan aplikasi digital, manajemen aktor hingga berbagai inovasi di industri hiburan. Agensi ini tercatat berhasil meraup keuntungan hingga Rp5 triliun pada 2017.

Dibalik besarnya nama SM Entertainment, agensi ini pun tak luput dari kekurangan. Agensi yang telah berdiri 23 tahun itu keraap dituding tidak memperlakukan para artis asuhannya secara adil. Hal itu pun membuat perpecahan pada beberapa grup Kpop besutannya, seperti keluyarnya Jae Joong, Yoo Chun dan Junsu dari TVXQ dan Kris Wu, Tao dan Luhan dari Exo.

2. YG Entertainment

YG Entertainment

Menyusul dibentuknya SM Entertainment, YG Entertainment lahir pada 1996 yang didirikan oleh Yang Hyun Suk. Hyun Suk adalah salah satu manta member Seo Taiji & Boys, setelah boy band itu bubar Hyun Suk membentuk agensi YG Entertainment.

Berbeda dengan SM Entertainment, YG Entertainment dikenal sebagai agensi yang melahirkan artis beraliran hip hop yang mendunia.

PSY yang terkenal lewat lagu Gangnam Style lahir dari agensi ini. Tak hanya PSY, boy band legendaris BIG BANG yang memulai debut pada 2006 juga lahir dari YG Entertainment. Selain itu, ada 2NEI1, WINNER, iKON, dan BLACKPINK.

Sukses melahirkan para artis besar, kini YG Entertainment pun melebarkan sayapnya dedngan membangun anak perusahaan khusus untuk musisi indie seperti HIGHGRND yang dipimpin oleh Tablo. Sub label dari YG Entertainment itu menaungi Hyukoh sejak 2015. Kemudian ada pula sub label The Black Label yang menaungi Zion.T.

Kesuksesan YG Entertainment dalam melahirkan artis berkuakitas pun membuat agensi ini sukses meraup banyak keuntungan. Tercatat pada 2017, YG Entertainment mengantongi keuntungan hingga mencapai Rp4,6 triliun.

Dibalik kesuksesannya, YG Entertainment juga memiliki beberapa kekurangan. Para artis dibawah asuhan agensi itu terbilang cukup lama dalam comeback.

3. JYP Entertainment

JYP Entertainment

Agensi terbesar lainnya yang menaungi para artis Korea Selatan adalah JYP Entertainment. Agensi ini didirikan oleh musisi sekaligus produser, Park Jin Young pada 1997.

Beberapa artis kenamaan pun lahir dari tangan dingin Park Jin Young melalui agensinya, sebut saja boy band 2PM, 2 AM, GOT&, penyanyo solois Baek A Yeon, girl band Twice, Miss A hingga grup band terbaru Day6.

Dibandingkan dengan dua agensi besar lainnya, pemilik JYP Entertainment yakni Park Jin Young disebut memiliki hubungaan kedekatan emosional dengan para anak asuhnya. Terbukti, meski beberapa artis keluar dari agensi itu seperti Sunmi dan Jay Park 2 PM mereka dikabarkan tetap memiliki hubungan yang baik dengan Park Jin Young.

Setelah 21 tahun berdiri, JYP Entertainment terus menapaki kesuksesannya. Pada 2017, JYP Entertainment tercatat sukses meraup keuntungan hingga Rp1,35 triliun.

1 / 2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini