nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Tak Terlupakan, 5 Serial Kartun Ini Menghiasi Layar Kaca Indonesia Era 90-an

Pernita Hestin Untari, Jurnalis · Rabu 27 Juni 2018 06:00 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2018 06 27 598 1914421 tak-terlupakan-5-serial-kartun-ini-menghiasi-layar-kaca-indonesia-era-90-an-BHcULu80gl.jpg Doraemon

JAKARTA - Seiring berjalannya waktu, kita mungkin masih mengingat beberapa tayangan televisi favorit era 90-an. Misalnya telenovela, sinetron keluarga, dan serta serial kartun yang mungkin jarang kita lihat akhir-akhir ini di layar kaca.

Serial kartun mungkin menjadi tontonan favorit anak-anak hingga orang dewasa di era 90-an. Hal ini lantaran, serial kartun identik dengan kisah yang seru dan animasi warna-warni yang mampu menarik perhatian penonton. Nah, apa saja ya? untuk bernostalgia, berikut ulasan yang diberikan oleh Okezone untuk kalian. Simak yuk.

1. Hunter x Hunter

Di Indonesia, serial Hunter x Hunter ditayangkan pada 1999 di salah satu televisi swasta. Serial yang terinspirasi dari manga karya Yoshihiri Togashi ini bercerita tentang anak laki-laki berusia 12 tahun bernama Gon Freecss.

Ia mengembara untuk menemukan sang ayah, Ging Freecss, yang telah menghilang lama. Sang ayah merupakan seorang hunter, dalam cerita merupakan kelompok elit yang memiliki izin untuk melakukan apapun di mana pun.

Dalam perjalannya, Gon pun mengikuti ujian menjadi hunter. Di sana ia bertemu dengan Killua Zoldyeck, yang akhirnya menjadi teman baiknya. Nah, mungkin jika yang masih ingat Gon memiliki jurus andalan Jajanken, yaitu pukulan yang sangat kuat. Serial yang berisi 62 episode ini juga menampilkan karakter lain, yaitu Leorio, Kurapika Kuruta, Hisoka, Bibi Mito, dan lain-lain.

2. Saint Seiya

Saint Seiya: Ksatria-Ksatria Zodiak, adalah manga karya Masami Kurumada. Saint Seiya diproduksi oleh Toei Animation dan pertama kali disiarkan di TV Asahi, Jepang pada tanggal 11 Oktober 1986. Serial sepanjang 114 episode ini disiarkan di Indonesia pertama kali oleh penyiaran tv publik daerah pada 1987 hingga 1990. Lalu RCTI menayangkannya pada akhir 1991 sampai 1995.

Serial ini berkisah tentang lima pendekar yang diberi julukan ‘Saint’. Mereka adalah Pegasus Seiya, Dragon Shiryu, Cygnus Hyoga, Andromeda Shun, dan Phoenix Ikki. Kelimanya memiliki kekuatan masing-masing berdasarkan rasi bintangnya. Kekuatan khusus tersebut disebut cosmo. Kemudian, kelima Saint memiliki tugas untuk melindungi Saori Kido, yang merupakan reinkarnasi dari Dewi Athena.

3. Doraemon

Salah satu karakter animasi paling dikenal hingga detik ini. Doraemon berkisah tentang kehidupan seorang anak SD pemalas bernama Nobita Nobi. Kehidupannya berubah ketika robot kucing masa depan bernama Doraemon datang untuknya. Ceritanya, Doraemon dikirim kembali ke masa kehidupan Nobita oleh cicit Nobita, Sewashi. Ia dikirim untuk memperbaiki kehidupan Nobita agar keturunannya merasakan kehidupan yang lebih baik.

Paling menariknya, Doraemon memiliki sebuah kantung 4 dimensi yang diisinya dengan benda-benda dari masa depan. Seringkali Nobita datang merengek-rengek karena masalah di sekolah atau di lingkungannya. Setelah memohon atau memaksa, Doraemon akan mengeluarkan sebuah alat yang membantu Nobita menyelesaikan masalah dari Kantong Ajaib untuk membalas dendam, atau hanya sekadar pamer ke teman-temannya.

Kisah yang diadaptasi dari manga karangan Fujiko F. Fujio tersebut tayang di RCTI sejak 10 November 1996. Selain Nobita dan Doraemon, pasti kalian mengingat nama-nama berikut Shizuka Minamoto, Takeshi Goda (Giant), Suneo Honekawa, Tamako Nobi (ibu Nobita) dan Nobisuke Nobi (ayah Nobita).

4. Chibi Maruko Chan

Chibi Maruko Chan diangkat dari manga populer karangan Momoko Sakura. Kisahnya tentang sang penulis saat masih kecil, yakni anak perempuan bernama Momoko Sakura (Maruko), yang berusia 9 tahun, kelas 3 sekolah dasar.

Serial ini menggambarkan kehidupan sehari-hari yang sederhana dari Maruko dan keluarganya yang tinggal di pinggiran salah satu kota di Jepang pada 1974. Serial ini berlatar belakang kota Shimizu yang sekarang menjadi bagian dari Kota Shizuoka, tempat kelahiran sang penulis.

Chibi Maruko Chan diadaptasi menjadi serial televisi pertama kali oleh Nippon Animation . Kemudian ia ditayangkan di Fuji Television dari 7 Januari 1990 hingga 27 September 1992. Di Indonesia, Chibi Maruko Chan telah ditayangkan oleh RCTI pada 1996 dan beberapa stasiun televisi swasta lainnya.

5. Sailor Moon

Sailor Moon berkisah tentang 5 remaja yang memiliki kekuatan super dari elemen-elemen alam dan tata surya untuk melawan musuh dari kegelapan. Mereka adalah Usagi Tsukino, Ai Minako, Ami Mizuno, Rei Hino, dan Makoto Kino.

Usagi cs memiliki misi mencari sang putri bulan dan Kristal Perak. Hampir semua musuh yang dilawan berbasis pada nama bulan seperti Half Moon, Dark Moon, Death Moon, dan lain sebagainya. Musuh-musuh yang dilawan pasukan Sailor Sailor Moon tersebut berasal dari semua kekuatan kejahatan yang mengincar Kristal Perak, yang diduga memiliki kekuatan tak terhingga. Kisah yang diangkat dari manga karya Naoko Takuchi ini tayang di RCTI pada 1995 hingga 2000.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini