nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Masih Mesra, Lydia Kandou dan Jamal Mirdad Didoakan Rujuk

Pernita Hestin Untari, Jurnalis · Sabtu 16 Juni 2018 20:25 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2018 06 16 33 1910925 masih-mesra-lydia-kandou-dan-jamal-mirdad-didoakan-rujuk-zJgXXI3wko.jpg Lydia Kandou. (Foto: Okezone)

JAKARTA - Lebaran 2018 menyatukan kembali aktris senior Lydia Kandou dengan sang mantan suami, Jamal Mirdad. Hal itu terlihat dari unggahan Lydia melalui Instagram, pada 15 Juni 2018. Dalam foto itu, terlihat keduanya berpose berdampingan, bersama kedua anak mereka: Kenang dan Naysila Mirdad.

Dalam foto itu, Kenang tampak menggandeng sang istri Tyna Dwi Jayanti, sementara Naysila membawa kekasihnya, Roestiandi Tsamanov. Pasangan yang berpisah pada 2013 itu tampak mengumbar senyum dan tawa. Lydia melengkapi unggahan itu dengan caption: "Selamat Hari Raya Idul Fitri 1 Syawal 1439 H, Taqobbalallahu Minna Wa Minkum, Barakallahu Fiikum."

Baca juga: Jefri Nichol Enggan Beradu Akting dengan Pacar

Meski tak merayakan Lebaran dan sudah putus ikatan pernikahan, namun Lydia tampaknya tak lantas melupakan 'tradisi' yang dijalaninya bersama Jamal selama 27 tahun. Kebersamaan itupun mendapat sambutan hangat dari fans dan netizen.

Tak sedikit netizen yang berharap dan mendoakan pasangan yang memiliki empat anak dari pernikahan mereka itu agar rujuk kembali. "Semoga rujuk kembali. Amin ya robal alamin," tulis seorang warganet dalam kolom komentar. Lainnya mengungkapkan, "Senang aku melihat keluarga ini penuh toleransi. Sangat menginpirasi. Rukun banget, aku doakan rujuk kembali. Amin"

Sekadar informasi, Jamal Mirdad dan Lydia Kandau mengikat simpul pernikahan, pada 1986. Pernikahan mereka saat itu begitu kontroversial, karena perbedaan agama keduanya. Lidya beragama Kristen Protestan, sementara Jamal adalah seorang muslim. 

Seperti diketahui, Indonesia memiliki regulasi yang cukup ketat terkait pernikahan beda agama. Tentangan dan kecaman dari pemuka agama dan masyarakat bahkan menghantam mereka bertubi-tubi kala itu.

Baca juga: Tak Mudik Lebaran, Cindy Fatika Sari Nikmati Jalanan Jakarta yang Sepi

Tak hanya berbeda agama, keduanya juga terhalang restu orangtua. Pasalnya, ibu Lidya Kandou diketahui tak merestui pernikahan mereka. Setelah melewati perjuangan panjang, pernikahan Jamal dan Lidya akhirnya disahkan pengadilan pada 1995.

Sayang, pernikahan beda negara itu hanya bertahan selama 27 tahun. Lydia diketahui melayangkan gugatan cerai kepada Jamal di Pengadilan Negeri Jakarta Selatan, pada 8 Maret 2013. Kala itu, Lidya menegaskan, penyebab perceraiannya bukan karena perbedaan agama.

Aktris 55 tahun tersebut menyebutkan, hubungannya dengan sang mantan suami sudah tidak harmonis selama 8 tahun terakhir. Bahkan, Jamal selalu pulang dini hari tanpa alasan yang jelas. Mereka akhirnya resmi bercerai pada Juli 2013.

(SIS)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini