nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Siasat Jill Gladys Agar Anak Tak Terjerumus Pergaulan Bebas

Taufik Fajar, Jurnalis · Minggu 17 Juni 2018 00:08 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2018 06 14 33 1910472 siasat-jill-gladys-agar-anak-tak-terjerumus-pergaulan-bebas-CuDrt0mqsE.jpg Jill Gladys. (Foto: FD Photography/Instagram/@jill_gladys_)

JAKARTA - Setiap orangtua biasanya mulai waswas ketika sang buah hati mulai memasuki usia remaja. Usia di mana anak biasanya mulai memasuki masa puber dan identik dengan momen pencarian jati diri. Fase ini, tengah dirasakan aktris Jill Gladys yang memiliki anak remaja.

Namun kekhawatiran anak terjebak pergaulan bebas dapat ditekan Jill dengan sebuah resep rahasia. Komunikasi yang efektif, diakuinya, sebagai kunci untuk mempertahankan hubungan sehat dengan putranya yang sudah menginjak usia 12 tahun itu.


Baca juga: Sissy Priscilla Sedih Rayakan Lebaran Tanpa Vanesha Prescilla

"Damien Firston masuk di usia yang rentan dengan berbagai pengaruh di sekitarnya. Untuk menekan pengaruh negatif, saya berusaha membangun komunikasi yang efektif dengannya. Itu penting, agar ada rasa percaya antara orangtua dan anak," ungkapnya saat ditemui di kawasan Jakarta Selatan, belum lama ini.

Sebagai orangtua, imbuh Jill, dia berusaha memantau perkembangan sang putra. "Saya berusaha mengetahui kehidupan (luar rumah) seperti apa yang dia jalani. Positifkah lingkungan itu untuknya atau malah negatif. Semua itu harus selalu ada dalam pantauan saya," ujarnya.

Namun, untuk bisa mendapatkan kepercayaan sang anak tanpa harus membuat dia merasa dikekang, Jill memosisikan dirinya sebagai teman. "Iya, harus bisa jadi sahabat untuk dia," imbuhnya.

Dengan menjadi sahabat, menurut dia, anak akan lebih terbuka dan gampang mencurahkan isi hatinya. "Anak zaman sekarang itu berbeda dengan era saya dulu. Mereka tak bisa didikte. Harus ada pendekatan yang lebih humanis agar mereka bisa merasa nyaman dengan orangtuanya," tutur perempuan 31 tahun tersebut.

Baca juga: Ayu Ting Ting Tanggapi Kontroversi soal Baju Lebaran

Indikator nyaman, imbuh Jill, bisa terlihat dari sejauh mana anak menjadikan orangtuanya sebagai 'penyelamat' pertama saat mereka memiliki masalah. Untuk itu, Jill berkeyakinan, anak harus dirangkul dan diajak bicara layaknya teman.

"Sejauh ini, anak saya masih belum mengerti tentang lawan jenis. Kalaupun dia memiliki pacar di usianya saat ini, saya rasa normal dan wajarlah. Tapi sebagai orangtua, saya berharap dia janganĀ  punya pacar dulu deh," urainya seraya tertawa. (aky)

(SIS)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini