nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Tukar Menukar Makanan Jadi Tradisi Istimewa di Kampung Istri Epy Kusnandar saat Lebaran

Miftahul Khoiriyah, Jurnalis · Jum'at 15 Juni 2018 22:06 WIB
https: img.okeinfo.net content 2018 06 14 33 1910347 tukar-menukar-makanan-jadi-tradisi-istimewa-di-kampung-istri-epy-kusnandar-saat-lebaran-7oPilDod0X.jpg Epy Kusnandar (Foto: Okezone)

JAKARTA - Epy Kusnandar mudik ke kampung halaman istri di Palembang, beberapa hari setelah Hari Raya Idul Fitri. Meskipun tidak menjadi kota kelahirannya, namun Palembang telah menjadi bagian dari tempat istimewa Epy sejak resmi menikahi Karina Ranau pada tahun 2008.

Epy bahkan telah terbiasa dengan tradisi di Palembang untuk merayakan Hari Raya Idul Fitri. Salah satunya tradisi tukar menukar makanan yang dilakukan antar keluarga saat Lebaran tiba dan dianggap sebagai hal istimewa untuknya.

"Tradisi Lebaran di kampung ya tukar menukar makanan. Kalau di kampungnya istri saya ya tuker tukeran seru gitu. Mana makanan yang paling aneh dan enggak ada di kampung situ itu yang seru. Buah buahan selalu yang paling diserbu kalau buahnya enggak ada disana," kata Epy di kawasan Jakarta Selatan.

Epy Kusnandar

(Baca Juga: Mike Shinoda Buka-Bukaan Mengenai Nasib Linkin Park Selepas Kepergian Chester Bennington)

(Baca Juga: Piala Dunia 2018, Cita Citata: Bukan Nonton Bolanya tapi Cowok-cowoknya)

Epy menjelaskan bahwa saat tradisi tukar menukar makanan dilakukan, banyak menu-menu unik yang dibawa warga sekitar rumahnya. Meskipun telah banyak makanan modern dan dikemas dengan sangat indah, namun makanan tradisional masih menjadi pilihan utama untuk Epy juga keluarga.

"Lebih menyenangkan bikin sendiri sama emaknya bikin apa saja disitu. Kue kue kering gitu," jelas Epy.

"Masih menjaga makanan tradisional. Kalau makanan kalengan diserbu juga tapi sama nenek nenek karena kan itu cuma label ya 'ini kue dari Jakarta' tapi kan rasanya tetap ya paling nikmat itu kalau bikin sendiri ya," sambungnya.

Lebih lanjut Epy menceritakan persiapannya menuju kamping halamannya dan sang istri untuk merayakan hari kemenangan. Ia enggan membawa banyak barang dan lebih mengutaman kehadirannya beserta senyum Lebaran untuk melepas rindu dengan keluarga juga sanak saudara lainnya.

"Kalau dulu bawa segala macam ternyata itu merepotkan. Bawa diri saja dengan keikhlasan yang penuh," terang aktor berusia 54 tahun ini.

"Kalau bawa segala macam itu kesannya selalu kekurangan. Kalau enggak bawa apa apa enggak ada yang bilang saya enggak kebagian. Kalau enggak bawa apa apa tapi bawa senyum manis ke kampung semua kebagian senyuman," tutup Epy Kusnandar.

(aln)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini