5 Film Romantis Adaptasi dari Novel yang Bikin Kamu Baper

Chyntia Sami Bhayangkara, Jurnalis · Kamis 07 Juni 2018 13:01 WIB
https: img.okezone.com content 2018 06 07 206 1907672 5-film-romantis-adaptasi-dari-novel-yang-bikin-kamu-baper-HAOhplCub2.jpg Poster Dilan 1990 (Foto: Falcon Pictures)

JAKARTA – Novel Bumi Manusia karya Pramoedya Ananta Toer menjadi salah satu novel legendaris sepanjang masa. Sejak diterbitkan pada 1980 silam, novel ini laris manis di pasaran dan telah diterjemahkan ke dalam 33 bahasa. Kini, novel tersebut akan diadaptasi ke dalam film dengan disutradarai oleh Hanung Bramantyo dan pemeran utama Iqbaal Ramadhan.

Tak hanya Bumi Manusia, ternyata masih ada sederet novel lainnya yang bergenre romantic dan sukses diadaptasi ke layr lebar. Kesuksesan film adaptasi tersebut pun berhasil membawa emosi penonton hingga ikut menangis dan baper dibuatnya. Penasaran film romantic apa saja yang diadaptasi dari novel? Berikut ulasannya untuk Anda.

1. Dilan 1990

Kalian tentu sudah tidak asing bukan dengan film Dilan 1990? Film yang disutradarai oleh Fajar Bustomi ini sukses membuat penontonnya baper hingga termehek-mehek. Film tersebut merupakan adaptasi dari novel berjudul sama Dilan 1990 karya Pidi Baiq.

 

Sosok Iqbaal Ramadhan dan Vanesha Prescilla dianggap sukses membawakan karakter Dilan dan Milea dengan sangat apik. Film ini menjadi salah satu film paling fenomenal hingga membuat para generasi muda ‘demam Dilan’. Segala sesuatu yang digunakan oleh Dilan menjadi trendsetter, mulai dari jaket jeans sampai motor jadul pun mendadak booming.

2. Dear Nathan

Film besutan Indra Gunawan, Dear Nathan juga menjadi salah satu film adaptasi dari novel berjudul Dear Nathan karya Erisca Febriani. Film tersebut dibintangi oleh aktor ganteng Jefri Nichol dan si cantik Amanda Rawles.

Film yang dirilis pada awal 2017 lalu ini mengisahkan tentang kisah percintaan seorang siswi pindahan dengan siswa berandal yang hobi tawuran. Kisah percintaan mereka pun sempat diwarnai pertentangan, namun kekuatan cinta si siswa yang bernama Nathan itu membuat para penonton baper maksimal. Melalui film ini, Jefri Nichol sukses menggaet penghargaan sebagai Aktor Pendatang Baru Terpilih dari Piala Maya 2017.

3. Habibie & Ainun

Bagi kalian pecinta film romantis tentu mengetahui film Habibie & Ainun bukan? Film yang diadaptasi dari novel dengan judul sama karya Bacharuddin Jusuf Habibie yang menceritakan kisah percintaannya dengan sang istri, Ainun ini sukses membuat penonton berderai air mata.

Perjuangan dan ketulusan cinta Habibie pun diperankan dengan sangat apik oleh aktor tampan Reza Rahadian, sementara sosok Ainun diperankan oleh Bunga Citra Lestari. Bagi Habibie, Ainun adalah mata untuk melihat hidupnya, sosok yang sangat dicintainya. Buat kalian yang berencana menonton film ini, jangan lupa siapkan tisu ya..

4. Ayat Ayat Cinta

Ayat-Ayat Cinta juga menjadi salah satu film adaptasi dari novel romantis paling fenomenal. Novel Ayat-Ayat Cinta karya Habiburrahman El Shirazy berhasil dikemas dengan sangat baik menjadi film dengan dibintangi oleh artis kenamaan, yakni Fedi Nuril, Rianti Cartwright, Carissa Putri dan Zaskia Adya Mecca.

Film ini mengisahkan tentang perjalanan Fahri untuk menemukan cintanya melalui jalan taaruf. Takdir mempertemukannya dengan Aisha dalam sebuah insiden hingga akhirnya keduanya menikah. Namun tak sampai di situ, kekuatan cinta mereka mendapatkan ujian bertubi-tubi. Film ini pun ditayangkan dalam dua bagian film terpisah, pertama dirilis pada 2008 dan film kedua diluncurkan 2018.

5. Tenggelamnya Kapal Van der Wijck

Novel Tenggelamnya Kapal Van der Wijck karya Buya Hamka yang cukup fenomenal juga telah diadaptasi ke dalam film layar lebar. Dibintangi oleh Herjunot Ali dan Pevita Pearce, film yang dirilis pada 2013 lalu ini sukses memikat hati para penonton. Mereka dibuat menangis tersedu-sedu saat menyaksikannya.

Film ini mengisahkan tentang perbedaan latar belakang sosial yang menjadi penghalang cinta dua insan manusia. Berbagai cobaan yang menimpa tak membuat cinta keduanya musnah. Melalui film ini juga, Junot dan Pevita sukses memborong pernghargaan sebagai aktor dan aktris terbaik.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini