nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Willow Smith Ngaku Sempat Lukai Diri saat Masih Berusia 10 Tahun

Nur Chandra Laksana, Jurnalis · Kamis 17 Mei 2018 13:15 WIB
https: img.okeinfo.net content 2018 05 17 33 1899380 willow-smith-ngaku-sempat-lukai-diri-saat-masih-berusia-10-tahun-nzhGVRePUK.jpg Foto: Getty Image

LOS ANGELES - Menjadi terkenal di usia yang sangat muda merupakan sebuah tekanan yang sangat berat bagi seorang anak yang berusia belasan tahun. Dan ternyata, hal ini pernah dialami oleh salah satu penyanyi cilik, Willow Smith.

Putri dari pasangan Will Smith dam Jada Pinkett-Smith tersebut baru-baru ini menceritakan tekanan emosional yang dia alami sebagai artis cilik. Imbasnya, dia sampai pernah melukai diri sendiri dalam menjalani hal tersebut.

Hal ini mulai dirasakan olehnya saat dia merilis lagu di usianya yang cukup belia. Kala itu, dia merilis lagu ‘Whip My Hair’ pada saat dia berusia 10 tahun. Dan usia ini merupakan usia yang paling kritis.

“Hal ini terjadi setelah saya merilis 'Whip My Hair' dan saya baru saja berhenti melakukan pelajaran menyanyi. Saat itu saya merasa ada di area abu-abu. Saya kemudian bertanya, 'Siapa saya? Apakah saya punya tujuan? Apakah ada yang bisa saya lakukan selain ini? ’,” kata Willow seperti dikutip dari laman NME, Kamis (17/5/2018).

(Baca juga: Willow Smith Jadi Wajah teranyar Kacamata Chanel)

Hal ini semakin parah setelah dia selesai melakukan tur dan promosi terkait lagu tersebut. Kemudian, tekanan yang lebih hebat muncul dari berbagai arah.

“Mereka ingin saya menyelesaikan album saya. Dan saya seperti, saya tidak akan melakukan itu. Dan saya memilih untuk berhenti dan hal tersebut seperti semacam jeda,” jelasnya.

"Sejujurnya saya merasa seperti mengalami begitu banyak rasa sakit emosional tetapi keadaan fisik saya tidak mencerminkan hal tersebut. Banyak gadis remaja berjuang dengan menyakiti diri sendiri," lanjutnya.

Seperti remaja lain, Willow pun pada akhirnya memilih untuk tidak memberitahu keluarganya mengenai apa yang sedang terjadi. Kala itu, hanya satu orang teman dekatnya yang tahu mengenai Willow yang telah menyakiti dirinya sendiri.

“Saya tidak pernah membicarakannya karena itu adalah titik yang pendek dan aneh dalam hidup saya. Tetapi Anda harus menarik diri dari itu,” katanya.

(Baca juga: Perubahan Fantastis Rambut Willow Smith)

Kemudian, Willow pun memberikan sedikit saran bagi para remaja yang kini sedang mengalami fase tersebut dalam hidupnya.

"Saya akan benar-benar dan jujur, itu benar-benar mengerikan. Tumbuh dan mencoba untuk mencari tahu hidup Anda, sementara orang merasa seperti mereka memiliki semacam hak untuk mengetahui apa yang terjadi, adalah mutlak, luar biasa mengerikan - dan satu-satunya cara untuk mengatasinya, adalah masuk ke dalamnya,” kata gadis yang kini berusia 17 tahun tersebut.

“Anda tidak dapat mengubah wajah Anda. Anda tidak dapat mengubah orang tua Anda. Anda tidak dapat mengubah semua hal itu. Jadi saya merasa seperti kebanyakan anak-anak seperti saya akhirnya mengalami spiral depresi, dan dunia sedang duduk di sana melihat mereka melalui telepon mereka; tertawa dan membuat lelucon dan membuat meme pada efek melumpuhkan yang ditimbulkan gaya hidup ini pada jiwa,” lanjutnya.

Terakhir, dia menyarankan bagi setiap remaja yang tengah mengalami hal tersebut untuk membicarakannya ke seorang ahli. Atau setidaknya, biarkan para orang tua Anda tahu apa yang sedang terjadi dalam hidup kalian.

(sus)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini