nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

5 Pahlawan Muslim dari Marvel, Ada yang Gunakan Cadar dan Berstatus Haji

Nur Chandra Laksana, Jurnalis · Rabu 09 Mei 2018 16:39 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2018 05 09 206 1896354 5-pahlawan-muslim-dari-marvel-ada-yang-gunakan-cadar-dan-berstatus-haji-Mne9l9gFPr.jpg Marvel (Foto: Comicbook)

JAKARTA - Film terbaru Marvel pada saat ini, Avengers : Infiity War masih menjadi perbincangan penggemar film di seluruh dunia. Hal ini dikarenakan di dalam film tersebut, merupakan film Marvel yang menampilkan superhero terbanyak dalam satu layar.

Namun, meski banyak superhero yang masuk di dalam frame ini, masih ada ratusan karakter yang masih ada di balik layar. Dan tahukah Anda, jika di antara ratusan pahlawan tersebut, ada karakter Marvel yang jarang muncul dan ternyata seorang Muslim lho!

Nah, penasaran bukan siapa saja superhero tersebut? Jika penasaran, inilah lima pahlawan Marvel yang ternyata Muslim, seperti telah Okezone rangkum dari laman CBR, Rabu (9/5/2018).

1. Kamala Khan Alias Ms. Marvel

 Kamala Khan, Foto: CBR

Karakter pertama yang muncul dalam daftar ini adalah Kamala Khan, seorang gadis remaja keturunan Pakistan. Namun, dia dan keluarganya merupakan warga Amerika dan tinggal di sebuah kota di New Jersey.

Kamala merupakan karakter yang diciptakan oleh editor Sana Amanat dan Stephen Wacker. Kemudian, penulisan cerita dari karakter ini dibantu oleh penulis senior seperti G. Willow Wilson dan artis Adrian Alphona.

Kamala diceritakan baru merasakan ada sebuah kekuatan spesial saat dirinya menginjak dewasa. Dia memiliki kekuatan dapat merenggangkan anggota tubuhnya, memiliki kemampuan regenerasi yang cepat, dan kekuatan super lainnya.

Pengambilan nama Ms. Marvel ini diambil karena kekaguman Kamala terhadap sosok Captain Marvel, yang merupakan seorang wanita. Ms. Marvel memiliki ciri khas tersendiri, yakni sebuah pasmina yang ada di leher dari kostumnya.

2. Monica Chang Alias Black Widow

 Monica Chang, Foto: CBR

Jika berbicara mengenai Black Widow, pasti kita langsung teringat dengan nama Natasha Romanoff, yang diperankan oleh Scarlett Johansson. Namun tahukah Anda jika sebenanya, sebelum Natasha menjadi Black Widow, ada satu karakter lain yang menyandang nama tersebut, yakni Monica Chang.

Disebutkan, Monica sebenarnya adalah mantan istri dari Nick Fury. Dia pertama tampil di cerita Ultimate Marvel Universe, dimana dia membantu Captain America dan membekuk Red Skull sebagai agen S.H.I.E.L.D.

Namun, setelah beberapa waktu, dia memilih untuk pensiun dari segala kegiatan fisik dan lebih memilih untuk menjadi kepala pengembangan AI milik S.H.I.E.L.D. Disinilah dia diketahui merupakan seorang Muslim.

3. Josiah al Hajj Saddiq Alias Justice

Jossiah Al Hajj, Foto: Marvel

Josiah al Hajj Saddiq merupakan salah satu korban dari serum ‘Super Soldier’ yang dikembangkan oleh pasukan Nazi. Serum ini juga yang membuat Steve Rogers mejadi Captain America.

Diceritakan Josiah merupakan seorang prajurit militer Amerika yang keturunan Afrika-Amerika. Dia diceritakan sebagai sesosok tentara muslim yang sangat cinta kepada negaranya.

Dari 300 tentara Afrika-Amerika yang menjadi korban, hanya dia yang selamat. Dan saat berubah, dia menggunakan nama samaran ‘Justice’, dan memakai kostum yang mirip dengan Captain Amerika.

Justice kemudian memiliki tugas untuk meghancurkan pasukan Nazi di Jerman. Pada pertarungan tersebut, Jusitce terluka. Namun pada akhirnya, dia berhasil diselamatkan dan terbag kembali ke Amerika.

Sayangnya, dia harus masuk penjara dikarenakan pernah mencuri dan memakai kostum Captain America.

4. Dr. Faiza Hussain Alias Excalibur

 Faiza Hussain, Foto: CBR

Dr. Faiza Hussain pertama kali muncul dalam seri komik ‘Captain Britain dan MI: 13’. Dia adalah dokter yang memperoleh kemampuan untuk mengendalikan setiap organisme hidup setelah dipukul oleh senjata laser Skrull selama invasi terjadi.

Sang penulis, Paul Cornell menggambarkan kekuatannya sebagai “membelah tubuh dengan aman dan memilahnya di tingkat subatom”. Kemampua tersebut berguna baginya sebagai dokter dan sebagai pahlawan super, karena ia telah menunjukkan pembongkaran tubuh ke dalam bagian dasarnya, sambil menjaga pasien tetap hidup dan menghentikan pasukan Skrulls untuk bergerak.

Selain kekuatan ini, dia juga menjadi pengguna pedang legendaris Excalibur dan menggunakannya untuk melawan vampir setelah menjadi anggota MI: 13, dan merupakan bawahan dari Black Knight.

Selama acara crossover "Age of Ultron", dia sempat menjadi Captain Britain karena Captain Britain asli, Brian Maddock takut akan mati dalam pertempuran.

5. Sooraya Qadir Alias Dust

 Sooraya Dust, Foto: CBR

Soorayah Qadir merupakan superhero dari sekolah mutan X-Men. Dia menemukan bahwa dirinya memiliki kekuatan untuk berubah menjadi zat seperti pasir setelah menyerang seorang pedagang budak yang mencoba melepaskan cadarnya di sebuah pasar di Afgaistan.

Kemudian, dia dibawa ke markas X-Corps di India, di mana dia awalnya berubah menjadi pasir untuk bersembunyi dari X-Men yang ditempatkan di sana. Jean Gray merasakan kehadirannya dan secara telepati meyakinkannya untuk mengungkapkan dirinya.

Soorayah kemudian mendapatkan julukan ‘Dust’ dan menjadi bagian dari tim X-Men yang bernama Hellion Squad dari serial komik ‘New X-Men’ dan Cyclop Squad dari ‘Young X-Men’. Soorayah memilih untuk mengenakan pakaian tradisional yang melambangkan kesopanan.

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini